kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Luncurkan wakaf saham, BNI Sekuritas targetkan 1.000 investor syariah baru per tahun


Kamis, 08 Agustus 2019 / 12:44 WIB
Luncurkan wakaf saham, BNI Sekuritas targetkan 1.000 investor syariah baru per tahun


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Sekitar 88% dari total populasi Indonesia menganut agama Islam. Kondisi inilah yang mendorong pelaku pasar modal syariah tanah air untuk mengeluarkan layanan baru, salah satunya adalah layanan wakaf saham.

Oleh karena itu, Global Wakaf selaku salah satu nazir wakaf Indonesia bersama BNI sekuritas dan Bursa Efek Indonesia (BEI) selaku regulator meluncurkan layanan wakaf saham, Kamis (8/8) bertempat di Main Hall BEI.

Baca Juga: Wakaf saham jadi upaya otoritas manfaatkan prospek pasar syariah Indonesia

Untuk diketahui, Wakaf saham adalah wakaf yang objeknya berupa saham syariah dan atau keuntungannya (baik berupa capital gain dan dividen). 

Di sini, BNI sekuritas selaku Anggota Bursa Sharia Online Trading System (AB SOTS) bertindak sebagai perantara yang mempertemukan badan wakaf saham dengan para investor syariah.

Saham atau hasil investasi yang diwakafkan kemudian akan digunakan untuk menunjang program-program wakaf produktif. Adapun jenis saham yang dapat diwakafkan adalah saham syariah

Selain peluncuran layanan wakaf saham, BNI Sekuritas dan Global Wakaf juga meluncurkan Galeri Wakaf Saham. "Dengan adanya galeri ini, kami berharap dapat meningkatkan jumlah investor syariah baru, minimal ada pertambahan 1.000 nasabah per tahun," ujar Geger Maulana, Pelaksana tugas Direktur Utama BNI Sekuritas.

Saat ini, Geger mengaku telah ada 2.000 transaksi pasar modal syariah yang ditangani BNI Sekuritas.

Baca Juga: Bayar zakat dan wakaf sekarang sudah bisa dilakukan di pasar modal

Syahru Aryansah, Presiden Direktur Global Wakaf mengatakan Galeri Wakaf Saham ini nantinya akan menjadi tempat sinergi antara empat pihak, yakni Global Wakaf selaku nazir, BNI Sekuritas selaku perusahaan efek, BEI selaku regulator, dan calon investor syariah.

Untuk diketahui, saat ini, jumlah investor syariah di Indonesia mencapai 6% dari total investor di BEI dan terus tumbuh secara signifikan.

Inarno Djajadi, Direktur Utama BEI menyebut bahwa layanan wakaf saham yang diluncurkan oleh Global Wakaf dan BNI Sekuritas merupakan layanan wakaf saham kedua yang diluncurkan di BEI. 

"Harapan kami akan lebih banyak lagi layanan sekuritas dan nazir wakaf lainnya yang ikut meluncurkan program wakaf saham di BEI," ujar Inarno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×