kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,79   -9,77   -1.08%
  • EMAS932.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.23%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.08%

Harga timah berbalik naik setelah tensi dagang AS dan China mereda


Senin, 09 September 2019 / 21:00 WIB
Harga timah berbalik naik setelah tensi dagang AS dan China mereda
ILUSTRASI. Bongkar Muat Timah

Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Haraga timah terus melambung didukung hubungan Amerika Serikat (AS) dan China yang membaik. Kini, kedua negara tersebut sepakat untuk menggelar pertemuan di awal Oktober.

Berdasarkan data Bloomberg, harga timah kontrak tiga bulanan di London Metal Exchange (LME) per Jumat (23/8), terkoreksi 0,43% ke US$ 17.375 per metrik ton. Namun, dalam sepekan harga timah konsisten naik sebesar 6,27%.

Baca Juga: Angkat harga timah dunia, PT Timah (TINS) tekan volume ekspor

Direktur Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, wajar harga timah naik karena terpengaruh konflik dagang AS dan China yang mereda. "Harga timah naik pasca damai dagang AS dan Tiongkok setuju untuk berunding kembali," kata Ibrahim, Senin (9/9).

Perang dagang AS dan China yang mereda juga membuat dolar AS melemah dan mendukung harga komoditas bergerak naik. Selain, karena meredanya perang dagang AS dan China, Ibrahim mengatakan tidak seimbangnya permintaan dan jumlah produksi timah juga membuat harga timah melambung.

Baca Juga: Wow, saham TINS melonjak 13,89% di akhir perdagangan

Mengutip pemberitaan Bloomberg, China mengumumkan akan mengurangi produksi timah. "Kebutuhan timah global tinggi, meski China juga menjadi produksi timah terbesar sekaligus konsumer terbesar maka membutuhkan ekspor timah dari negara lain, sementara saat ini ekspor timah dari Indonesia belum terlalu aktif," kata Ibrahim.

Sepekan depan Ibrahim memproyeksikan harga timah masih bisa naik ke rentang US$ 17.320 per metrik ton hingga US$ 17.470 per metrik ton. Harga timah masih berpotensi naik karena bank sentral AS berpotensi akan melanjutkan penurunan suku bunga acuannya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×