kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,59   7,24   0.78%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga saham PTRO mendaki, investor perlu jual atau beli lagi? Ini rekomendasi analis


Kamis, 23 September 2021 / 07:30 WIB
Harga saham PTRO mendaki, investor perlu jual atau beli lagi? Ini rekomendasi analis


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga saham PTRO dari PT Petrosea Tbk terus naik sepanjang tahun 2021 ini. Apakah tren kenaikan harga saham PTRO masih akan berlanjut?

Lalu, apa yang harus dilakukan investor dengan kenaikan harga saham PTRO? Apakah sekarang saat tepat untuk menjual saham PTRO atau malah membeli lagi? Simak analisa berikut!

Pada perdagangan Rabu 22 September 2021, harga saham PTRO naik 20 poin ke level 2.440. Kalau dihitung sejak awal tahun, harga saham PTRO sudah naik 460 poin atau 23,3%.

 

Harga saham PTRO terus naik seiring penguatan harga batubara. PT Petrosea Tbk adalah emiten penunjang jasa pertambangan yang turut mendapat angin segar dari penguatan harga batubara.

Analis Valbury Sekuritas Indonesia Devi Harjoto dan Alfiansyah menyebut, emiten berkode saham PTRO ini diuntungkan dengan peningkatan proyeksi produksi batubara Indonesia tahun ini yang ditargetkan dapat mencapai 625 juta ton. Angka ini sudah kembali ke level pra-pandemi Covid-19.

Baca juga: IHSG terpangkas 0,74%, saham-saham ini paling banyak dilego asing siang ini

Dari segi permintaan, China diperkirakan akan meningkatkan kuota impornya pada tahun ini seiring dengan manufaktur Negeri Panda yang konsisten berada dalam fase ekspansi pasca pulih dari pandemi tahun lalu.

Selain itu, pembatasan ekspor dari Australia, juga mendorong China untuk mengerek impor batubara dari produsen lain, termasuk Indonesia.

Di sisi lain, permintaan batubara di India cenderung stabil di tengah pandemi Covid-19 yang cukup terkendali. Sementara dari segi supply, adanya disrupsi dari cuaca yang lebih basah di Kalimantan dan pembatasan yang diterapkan, cenderung mendorong harga batubara.

“Kami memproyeksikan batubara akan cenderung kuat sepanjang tahun ini, sehingga mendorong aktivitas pertambangan,” tulis Devi dan Alfiansyah dalam riset yang dirilis pada 3 September 2021 lalu.

Valbury Sekuritas rekomendasi beli saham PTRO dengan target Rp 2.750 per saham. Saham PTRO di perdagangankan dengan valuasi yang atraktif dengan price/earning (PE) 2021 yakni 3,99 kali.

Selanjutnya: Harga saham INDF turun terus, apakah sekarang sudah waktunya untuk dibeli?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×