kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,85   7,21   0.78%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Paladium dan Emas Terus Bersinar Saat Barat Jatuhkan Sanksi ke Rusia


Senin, 28 Februari 2022 / 21:23 WIB
Harga Paladium dan Emas Terus Bersinar Saat Barat Jatuhkan Sanksi ke Rusia
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - ​JAKARTA. Harga paladium melonjak lebih dari 7% pada hari Senin (28/2) karena sanksi baru Barat terhadap Rusia memperburuk kekhawatiran atas pasokan. Sementara, emas terus bersinar menuju kenaikan tertinggi sembilan bulan karena melonjaknya permintaan safe-haven.

Melansir Reuters, harga paladium naik 5,6% menjadi US$2,500.00 pada 1336 GMT, setelah mencapai level tertinggi sesi US$2.551,50, ditetapkan untuk kenaikan bulanan ketiga berturut-turut.

Nornickel Rusia adalah pemasok paladium terbesar di dunia, yang digunakan oleh pembuat mobil untuk catalytic converter. Meningkatnya risiko gangguan pasokan terus mengangkat harga karena konflik meningkat, kata Craig Erlam, analis pasar OANDA.

Baca Juga: Harga Minyak Melonjak, Brent dan WTI Terbang US$ 7 di Awal Perdagangan

Bank sentral Rusia pada hari Senin bergerak untuk melindungi ekonomi dari sanksi Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya karena invasi ke Ukraina berlanjut, memperkuat langkah-langkah lain termasuk jaminan akan melanjutkan pembelian emas di pasar domestik.

Saham Eropa merosot, dengan melonjaknya harga minyak memicu kekhawatiran inflasi yang tak terkendali. Goldman Sachs memperkirakan reli komoditas yang merupakan produsen utama Rusia, karena Barat meningkatkan pembatasan di Moskow.

Sementara itu, harga emas spot naik 1,2% menjadi US$1.909,99, setelah naik sebanyak 2,2% pada awal sesi. Sedangkan, harga emas berjangka AS naik 1,3% menjadi US$1.911,30.

"Emas masih salah satu pasar yang masuk pada saat-saat sulit, tetapi untuk saat ini setidaknya tampaknya tidak ada keyakinan untuk menembus US$2.000," kata David Jones, Kepala Analis di Capital.com.

Baca Juga: Investor Masih Mencerna Sanksi Barat ke Rusia, Saham Reli dan Harga Minyak Turun

Harga emas telah naik sekitar 6,5% sejauh ini di bulan Februari, setelah melonjak ke level tertinggi 18 bulan di US$1.973,96 minggu lalu.

"Pembelian emas telah memicu krisis keamanan terburuk di Eropa dalam beberapa dekade, mengubah logam mulia menjadi safe-haven dengan kinerja terbaik," kata Han Tan, kepala analis pasar di Exinity.

Di tempat lain, harga perk spot naik 1,3% menjadi US$24,50 dan platinum naik 0,5% menjadi US$1.059,71, keduanya bersiap untuk kenaikan bulanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×