kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,52   0,77   0.09%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga nikel turun, Pefindo revisi outlook Aneka Tambang (ANTM) jadi negatif


Sabtu, 20 Juni 2020 / 07:30 WIB
Harga nikel turun, Pefindo revisi outlook Aneka Tambang (ANTM) jadi negatif


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga nikel yang menurun sejak pandemi virus corona membuat Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) merevisi outlook PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). Pefindo menurunkan outlook emiten yang kerap disebut Antam ini menjadi negatif dari sebelumnya stabil. 

"Prospek peringkat perusahaan direvisi untuk mengantisipasi EBITDA yang lebih rendah karena harga jual nikel yang lebih rendah dari perkiraan," jelas Niken Indriasih dan Aishantya Analis Pefindo dalam rilis pada Jumat (19/6). Tapi Pefindo menegaskan peringkat PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan Obligasi Berkelanjutan I / 2011 di idA. 

Baca Juga: Aneka Tambang (ANTM) mengalihkan dana buyback untuk keperluan operasional

Pefindo juga mengantisipasi terjadi penurunan volume penjualan emas. Ini karena pandemi Covid 19 yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sehingga menyebabkan Pefindo merevisi proyeksi volume penjualan dan harga komoditas menjadi lebih rendah dari proyeksi terakhir. 

Sejak Covid 19 pertama kali diidentifikasi pada akhir Desember 2019, harga nikel global telah turun 12% dari US$ 13.723 per ton menjadi US$ 12.128 per ton pada 27 Mei 2020. Lockdown di beberapa negara juga mempengaruhi penjualan ekspor emas Antam yang diperkirakan akan menurun. 

Tapi Pefindo menyebut, manajemen Aneka Tambang akan fokus pada peningkatan penjualan emas lokal, yang menawarkan margin yang lebih tinggi daripada penjualan ekspor. "Permintaan emas domestik eceran mungkin agak melemah karena harga emas yang tinggi di pasar di tengah melemahnya daya beli," kata Niken dan Aishantya. 

Meskipun mengambil beberapa inisiatif untuk mempertahankan biaya rendah dan mengurangi EBITDA yang lebih rendah melalui efisiensi biaya, Pefindo menilai pandemi yang berkepanjangan dapat mempengaruhi profil kreditnya dalam jangka waktu dekat hingga menengah.

Baca Juga: Aneka Tambang (ANTM) bagi dividen Rp 2,82 per saham, berikut jadwalnya

Peringkat Aneka Tambang (ANTM) di idA menurut Pefindo, mencerminkan cadangan dan sumber daya ANTM yang cukup besar. ANTM memiliki portofolio pertambangan yang terdiversifikasi dari nikel ke emas, perak, bauksit, batubara, dan layanan pemrosesan logam mulia lainnya. Peringkat tersebut dibatasi leverage keuangan yang tinggi dan paparan terhadap harga komoditas yang berfluktuasi.

Pada akhir 2019, cadangan bijih nikel Aneka Tambang (ANTM) 354 juta metrik ton basah (wmt), sementara sumber dayanya 1,362 juta wmt. ANTM juga memiliki cadangan dan sumber daya bijih bauksit yang sangat besar yakni masing-masing 151 juta wmt dan 598 juta wmt. Dengan kapasitas produksi saat ini, cadangan dan sumber daya ini harus mempertahankan segmen nikel dan alumina masing-masing selama lebih dari 40 dan 100 tahun. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×