kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aneka Tambang (ANTM) mengalihkan dana buyback untuk keperluan operasional


Kamis, 18 Juni 2020 / 19:27 WIB
Aneka Tambang (ANTM) mengalihkan dana buyback untuk keperluan operasional
ILUSTRASI. Aneka Tambang (ANTM) tidak merealisasikan buyback hingga periode berakhir.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menjadi salah satu emiten pelat merah yang menyatakan batal melakukan aksi pembelian kembali (buyback) saham di tengah volatilitas pasar saham. Padahal, ANTM telah menyediakan dana hingga Rp 100 miliar untuk mengeksekusi aksi korporasi ini.

Senior Vice President Corporate Secretary Aneka Tambang Kunto Hendrapawoko mengatakan, salah satu pertimbangan ANTM mengurungkan rencana buyback saham adalah membaiknya kondisi pasar saham. “ANTM tidak merealisasikan rencana buyback saham. Hal ini disebabkan harga dan volume perdagangan saham ANTAM tercatat mengalami peningkatan yang disebabkan atas kondisi pasar bursa yang mulai menunjukkan situasi yang lebih positif,” ujar Kunto kepada Kontan.co.id, Kamis (18/6).

Baca Juga: Urung mengeksekusi buyback saham, PT Timah (TINS) pilih fokus jaga arus kas

Pada penutupan perdagangan hari ini, saham ANTM melemah 2,36% ke level Rp 620 per saham. Meski demikian, dalam sebulan perdagangan saham ANTM naik 19,23%. Pun dalam sepekan perdagangan, saham penjaja logam mulia ini telah menguat 6,90%.

Lalu, ke mana ANTM akan mengalokasikan dana yang semula akan diperuntukkan sebagai dana buyback? Kunto bilang, ANTM akan mengoptimalkan dana ini untuk kebutuhan operasional ANTM dan investasi proyek pengembangan di tengah kondisi pandemik dan ketidakpastian kondisi ekonomi global.

Pada rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) ANTM yang diselenggarakan Kamis (11/6), Direktur Keuangan Aneka Tambang Anton Herdianto mengatakan saat ini valuasi harga saham ANTM sudah mulai membaik. Hal lain yang membuat ANTM pede sahamnya akan membaik adalah adalah harga komoditas nikel yang mulai bangkit jika dibandingkan periode Januari-Februari 2020.

Baca Juga: Bukit Asam (PTBA) hanya buyback saham Rp 12,5 miliar hingga akhir periode

Sebagai kilas balik, ANTM berencana untuk melakukan pembelian kembali (buyback) saham dengan mengalokasikan dana sebanyak-banyaknya Rp 100 miliar. Jumlah saham yang akan dibeli sebanyak-banyaknya 1 miliar saham dengan nilai nominal Rp 100 per saham dengan nilai total Rp 100 miliar. Periode buyback saham ANTM berlangsung pada 17 Maret 2020 hingga 16 Juni 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×