kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga nikel semakin kokoh


Selasa, 02 Agustus 2016 / 18:57 WIB
Harga nikel semakin kokoh


Reporter: Wuwun Nafsiah | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Nikel semakin kokoh lantaran kekhawatiran persediaan terus membayangi pergerakan harga. Peluang kenaikan harga lebih lebar didukung oleh perbaikan data manufaktur China.

Mengutip Bloomberg, Selasa (2/8) pukul 15.42 waktu Singapura, harga nikel kontrak pengiriman tiga bulan di London Metal Exchange menguat 1% ke level US$ 10.840 per metrik ton dibanding sehari sebelumnya. Dalam sepekan terakhir, nikel melambung 4,7%.

Harga nikel menguat di hari kedua dan berada di level tertinggi sejak satu tahun setelah Presiden Filipina, Rodrigo Duterte memperingatkan para penambang nikel di negara itu untuk mematuhi standar lingkungan internasional.

Harga telah naik 29% sejak awal Juni lantaran Duterte dan Sekretaris Lingkungan Filipina, Gina Lopez meluncurkan kampanye untuk membersihkan pertambangan dari pencemaran lingkungan di negara tersebut sebagai pemasok utama bijih nikel dunia. Sejauh ini, Filipina telah menutup enam tambang dengan total kontribusi sebesar 8% dari output tahun 2015.

"Komentar Presiden Filipina memicu kekhawatiran pasar atas persediaan sehingga memberi dukungan pada harga," ujar Celia Wang, seorang analis pada perusahaan perdagangan Grand Flow Resources, seperti dikutip Bloomberg.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka, Ibrahim memaparkan, penutupan sejumlah tambang nikel di Filipina membuat produksi berkurang. Padahal, China sebagai konsumen utama bijih nikel juga tengah mengurangi produksi dalam negeri dan lebih banyak mengandalkan ekspor.

Pada pertengahan Juli lalu, pemerintah China melakukan reformasi komoditas yakni dengan memangkas hingga 800.000 tenaga kerja pada sektor komoditas. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi beban pemerintah terhadap biaya operasional tambang yang lebih besar dari harga jual. "China fokus mengimpor bijih nikel, sementara produksi sendiri dikurangi," papar Ibrahim.

Di saat yang sama, optimisme kenaikan permintaan dari China juga semakin tinggi setelah data manufaktur swasta yakni Caixing Manufacturing PMI bulan Juli naik ke level 50,6 dari sebelumnya 48,6. Level tersebut merupakan yang tertinggi sejak Februari 2015.

"Data manufaktur dari Caixing turut mengangkat nikel karena akhirnya tumbuh setelah beberapa bulan mengalami kontraksi," lanjut Ibrahim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×