kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,41   -13,08   -1.42%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Tergelincir, Kekhawatiran Resesi Global Kembali Memanas


Jumat, 19 Agustus 2022 / 14:25 WIB
Harga Minyak Tergelincir, Kekhawatiran Resesi Global Kembali Memanas
ILUSTRASI. Harga minyak mentah tergelincir setelah dua hari berturut-turut menguat


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Harga minyak tergelincir setelah menguat dalam dua sesi berturut-turut. Kini pelaku pasar mempertimbangkan kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi global, yang akan mengurangi permintaan bahan bakar, terhadap ekspektasi pasokan yang lebih ketat jelang akhir tahun.

Jumat (19/8), harga minyak mentah jenis Brent untuk kontrak pengiriman Oktober 2022 turun 68 sen atau 0,7%, menjadi US$ 95,91 per barel. Di sesi sebelumnya, harga Brent menguat 3,1%.

Sejalan, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman September 2022 berada di US$ 89,81 per barel, atau turun 69 sen atau 0,8%, menyusul kenaikan 2,7% di sesi sebelumnya.

Dengan posisi ini, maka harga kedua kontrak minyak acuan ini menuju kerugian mingguan lebih dari 2%.

Sebelumnya, data mingguan Amerika Serikat (AS) yang bullish mendukung optimisme untuk peningkatan permintaan bahan bakar dalam jangka pendek.

Baca Juga: Naik Tinggi Tiga Hari Terakhir, Harga Minyak Masih Melemah Dalam Sepekan

"Tetapi, kekhawatiran resesi yang masih ada dan kemungkinan peningkatan produksi oleh OPEC+, bakal membatasi kenaikan harga minyak," kata Satoru Yoshida, Analis Komoditas di Rakuten Securities.

Persediaan minyak mentah AS turun tajam karena negara itu mengekspor rekor 5 juta barel minyak per hari di pekan lalu, dengan perusahaan minyak menemukan permintaan besar dari negara-negara Eropa yang ingin menggantikan minyak mentah dari Rusia.

Menjaga pasokan minyak mentah tetap nyaman, kilang minyak AS berencana untuk terus beroperasi mendekati kecepatan penuh pada kuartal ini, menurut eksekutif.

Kenaikan produksi bahan bakar AS sebagian dapat mengimbangi ekspor produk minyak yang lebih rendah dari China tahun ini karena Beijing memprioritaskan pasar lokal untuk mengekang inflasi bahan bakar domestik.

Mengenai pasokan, Haitham Al Ghais, sekretaris jenderal baru dari OPEC, mengatakan kepada Reuters bahwa pembuat kebijakan, pembuat undang-undang dan investasi sektor minyak dan gas yang tidak mencukupi harus disalahkan atas harga energi yang tinggi, bukan kelompoknya.

Kelompok tersebut bersama dengan sekutu seperti Rusia, yang dikenal sebagai OPEC+, akan bertemu pada 5 September untuk menyesuaikan produksi. OPEC ingin memastikan Rusia tetap menjadi bagian dari kesepakatan produksi minyak OPEC+ setelah 2022, kata Al Ghais.

Baca Juga: Harga Minyak Turun Lagi Setelah Rebound Sehari

Sebagai tanda membaiknya pasokan, kesenjangan harga antara kontrak berjangka Brent yang cepat dan bulan kedua menyempit sekitar US$ 5 per barel dari akhir Juli.

Rekor ekspor minyak mentah AS, dimulainya kembali produksi Libya dan ekspor berkelanjutan dari Rusia dan Iran telah mengurangi ketatnya pasokan global menjelang puncak pemeliharaan kilang.

Namun, pasokan bisa mengencang lagi ketika pembeli Eropa mulai mencari pasokan alternatif untuk menggantikan minyak Rusia menjelang sanksi Uni Eropa yang berlaku mulai 5 Desember.

"Kami menghitung UE akan perlu mengganti 1,2 juta barel per hari impor minyak mentah Rusia melalui laut dengan minyak mentah dari daerah lain," kata konsultan FGE dalam sebuah catatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×