kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45874,39   11,11   1.29%
  • EMAS1.350.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Rebound 1% Setelah Penurunan Minyak Mentah dan Data Inflasi


Kamis, 16 Mei 2024 / 06:09 WIB
Harga Minyak Rebound 1% Setelah Penurunan Minyak Mentah dan Data Inflasi
ILUSTRASI. Oil pump jacks are seen at the Vaca Muerta shale oil and gas deposit in the Patagonian province of Neuquen, Argentina, January 21, 2019. REUTERS/Agustin Marcarian


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga minyak naik hampir 1% pada hari Rabu (15/5) dari level terendah dua bulan di sesi sebelumnya.

Pasar menyeimbangkan data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang bullish dan penyimpanan minyak mentah terhadap perkiraan Badan Energi Internasional (IEA) mengenai melemahnya pertumbuhan permintaan minyak global.

Melansir Reuters, harga minyak Brent naik 37 sen atau 0,5% menjadi US$82,75 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik 61 sen atau 0,8% menjadi berakhir pada US$78,63.

Baca Juga: Pasar Global Catat Rekor Tertinggi, Imbal Hasil Turun; Harapan Potong Bunga

Hal ini memangkas premi Brent dibandingkan WTI ke level terendah sejak 28 Maret. Premi yang lebih sempit membuat kurang menguntungkan bagi perusahaan-perusahaan energi untuk mengirim kapal ke AS untuk mengambil kargo minyak mentah untuk diekspor.

Di awal sesi, laporan IEA yang bearish membantu mendorong kedua acuan tersebut ke wilayah oversold secara teknis dengan harga berada pada level terendah sejak Februari. Pada hari Selasa (14/5), kedua benchmark ditutup pada level terendah sejak 12 Maret.

Harga berbalik arah setelah data AS menunjukkan penarikan minyak mentah lebih besar dari perkiraan dan inflasi yang rendah sehingga memicu ekspektasi penurunan suku bunga pada akhir tahun ini.

Baca Juga: Harga Komoditas Energi Kompak Turun, Simak Proyeksi Selanjutnya

Persediaan minyak mentah AS pekan lalu turun 2,5 juta barel, menurut Badan Informasi Energi (EIA), jauh lebih besar dari perkiraan penurunan 500.000 barel dalam jajak pendapat Reuters.

“Penurunan minyak mentah sebagian besar berasal dari peningkatan tingkat pemanfaatan kilang… Para pengilangan akhirnya serius mengenai hal itu, akhirnya meningkatkannya sedikit,” kata Bob Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho kepada Reuters.

Harga konsumen (CPI) AS meningkat kurang dari perkiraan pada bulan April, menunjukkan bahwa inflasi kembali melanjutkan tren penurunannya pada awal kuartal kedua yang mendorong ekspektasi pasar keuangan bahwa The Fed akan menurunkan suku bunga pada bulan September.

Suku bunga yang lebih rendah akan mengurangi biaya pinjaman bagi dunia usaha dan konsumen serta dapat memacu pertumbuhan ekonomi dan permintaan minyak.

Ketika The Fed diperkirakan akan menurunkan suku bunga pada akhir tahun ini, dolar AS jatuh ke level terendah dalam lima minggu terhadap sejumlah mata uang lainnya.

Pelemahan dolar dapat meningkatkan permintaan karena komoditas dalam mata uang greenback menjadi lebih murah untuk dibeli dalam mata uang lain.

Baca Juga: Konflik Mereda, Harga Komoditas Energi Terkoreksi

IEA memangkas perkiraan pertumbuhan permintaan minyak pada tahun 2024, sehingga memperlebar kesenjangan dengan kelompok produsen OPEC dalam hal ekspektasi terhadap prospek permintaan global tahun ini.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya seperti Rusia, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, kemungkinan akan mengadakan pertemuan kebijakan minyak pada tanggal 1 Juni secara online, kata empat sumber OPEC+, bukan di Wina seperti yang dijadwalkan saat ini.

Sementara itu di Kanada, angin yang menguntungkan diperkirakan akan mendorong kebakaran besar menjauh dari kota Fort McMurray yang kaya akan minyak, kata para pejabat, kurang dari sehari setelah 6.000 orang diperintahkan untuk pergi.

Fort McMurray adalah pusat produksi pasir minyak Kanada. Kebakaran besar pada tahun 2016 memaksa 90.000 penduduk dievakuasi dan mengakibatkan produksi lebih dari 1 juta barel per hari terhenti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×