kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak naik lebih dari 1,5% berkat data ekonomi China dan AS yang ciamik


Selasa, 06 April 2021 / 16:49 WIB
Harga minyak naik lebih dari 1,5% berkat data ekonomi China dan AS yang ciamik
ILUSTRASI. Harga minyak menguat lagi


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - LONDON. Harga minyak mentah menguat pada perdagangan sore ini karena didukung oleh data ekonomi yang kuat dari China dan Amerika Serikat (AS). Harga kali ini berhasil menutup beberapa kerugian dari sesi sebelumnya karena meningkatnya pasokan OPEC+ dan lonjakan infeksi virus corona di India dan sebagian Eropa.

Selasa (6/4) pukul 16.00 WIB, harga minyak mentah jenis Brent untuk kontrak pengiriman Juni 2021 naik 90 sen atau 1,5% menjadi US$ 63,05 per barel. 

Serupa, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Mei 2021 naik 98 sen, atau 1,7% menjadi US$ 59,63 per barel.

Kedua kontrak acuan ini anjlok US$ 3 pada perdagangan hari Senin (5/4).

Harga minyak sempat tersengat oleh jumlah kematian terkait virus corona di seluruh dunia yang melampaui 3 juta pada hari ini. Hal ini terjadi karena kebangkitan virus corona global yang menantang upaya vaksinasi di seluruh dunia.

"Situasi saat ini rapuh, oleh karena itu harga minyak untuk kembali ke posisi tertinggi tidak akan terjadi lagi dalam waktu dekat," kata analis PVM Tamas Varga.

"Sampai ada tanda-tanda nyata dari penurunan tingkat infeksi, pasar minyak kemungkinan besar akan tetap ramai dan sibuk," tambahnya.

Namun untuk hari ini, harga minyak mendapat sokongan setelah aktivitas jasa di AS mencapai rekor tertinggi pada bulan Maret lalu. Sektor jasa di China juga telah mengumpulkan tenaga dengan peningkatan penjualan paling tajam dalam tiga bulan.

Baca Juga: Harga minyak naik tipis setelah anjlok lebih dari 4%

Selain itu, Inggris mengatur untuk melonggarkan lebih banyak pembatasan pada 12 April, dengan pembukaan bisnis termasuk semua toko, pusat kebugaran, salon rambut, dan area perhotelan luar ruangan.

Selandia Baru akan mengizinkan kunjungan bebas tanpa karantina dari warga Australia mulai 19 April. 

Namun, pembatasan baru di sebagian besar Eropa dan meningkatnya infeksi di India tetap membebani harga komoditas energi ini. 

"Ini kemungkinan akan meningkatkan kekhawatiran atas permintaan, mengingat bahwa saat ini sebagian besar prospek konstruktif untuk pasar minyak didasarkan pada asumsi bahwa kami melihat pemulihan permintaan yang kuat selama paruh kedua tahun ini," analis ING Warren Patterson kata.

Faktor-faktor tersebut membantu mengimbangi kekhawatiran tentang kesepakatan minggu lalu oleh OPEC+, untuk mengembalikan pasokan 350.000 barel per hari (bph) di bulan Mei dan Juni dan lebih lanjut 400.000 bpd atau lebih banyak lagi pada bulan Juli.

Perhatian pasar sekarang tertuju pada pembicaraan tidak langsung antara AS dan Iran di Wina untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 antara Teheran dan kekuatan dunia, yang dapat menyebabkan Washington mencabut sanksi pada sektor energi Iran.

Goldman Sachs mengatakan, setiap potensi pemulihan dalam ekspor minyak Iran tidak akan mengejutkan pasar dan pemulihan penuh tidak akan terjadi hingga musim panas 2022.

Sementara itu, ketegangan yang meningkat antara Arab Saudi dan India terus berlanjut. Pabrik penyulingan India berencana untuk membeli 36% lebih sedikit minyak dari Arab Saudi pada Mei dari biasanya, kata tiga sumber.

Selanjutnya: Wow, laba Harum Energy (HRUM) melesat 218% sepanjang tahun 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×