kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   13.000   0,91%
  • USD/IDR 15.155   87,00   0,57%
  • IDX 7.743   -162,39   -2,05%
  • KOMPAS100 1.193   -15,01   -1,24%
  • LQ45 973   -6,48   -0,66%
  • ISSI 227   -2,76   -1,20%
  • IDX30 497   -3,22   -0,64%
  • IDXHIDIV20 600   -2,04   -0,34%
  • IDX80 136   -0,80   -0,58%
  • IDXV30 141   0,18   0,13%
  • IDXQ30 166   -0,60   -0,36%

Harga Minyak: Brent ke US$82,0 & WTI ke US$76,92, Diliputi Ketegangan Timur Tengah


Selasa, 13 Februari 2024 / 06:01 WIB
Harga Minyak: Brent ke US$82,0 & WTI ke US$76,92, Diliputi Ketegangan Timur Tengah
ILUSTRASI. Pump Jacks are seen at sunrise near Bakersfield, California October 14, 2014. REUTERS/Lucy Nicholson


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga minyak ditutup sedikit berubah pada hari Senin (12/2). Kekhawatiran mengenai suku bunga dan permintaan global menyebabkan pasar mengambil jeda setelah harga melonjak sekitar 6% minggu lalu, di tengah kekhawatiran ketegangan di Timur Tengah dapat menyebabkan masalah pasokan.

Harga minyak Brent turun 19 sen, atau 0,2% menjadi US$82,00 per barel. Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 8 sen atau 0,1% menjadi US$76,92.

Baca Juga: Harga Minyak Turun Setelah Israel Mengatakan Telah Menyelesaikan Serangan di Gaza

Itu merupakan penutupan tertinggi bagi WTI sejak 30 Januari untuk hari ketiga berturut-turut dan menempatkan kontrak tersebut untuk hari keenam berturut-turut untuk pertama kalinya sejak September.

The Fed New York mengatakan, Survei Ekspektasi Konsumen pada bulan Januari menunjukkan prospek inflasi satu tahun dan lima tahun dari sekarang tidak berubah, dengan keduanya tetap berada di atas tingkat target The Fed sebesar 2%.

Jika kekhawatiran inflasi menunda penurunan suku bunga The Fed, hal ini dapat mengurangi permintaan minyak dan memperlambat pertumbuhan ekonomi.

Data inflasi AS diperkirakan akan dirilis pada hari Selasa (13/2). Sementara data inflasi Inggris dan Produk Domestik Bruto (PDB) zona euro akan dirilis pada hari Rabu (14/2).

Baca Juga: Khawatir Pasokan Timur Tengah Tersendat, Harga Minyak Makin Memanas

Badan Energi Internasional (IEA), yang mewakili negara-negara industri, memperkirakan permintaan minyak akan mencapai puncaknya pada tahun 2030 sehingga melemahkan alasan investasi. Pihak lain di pasar tidak setuju.

CEO TotalEnergies Perancis Patrick Pouyanne mengatakan, dia tidak melihat puncak permintaan minyak dalam angka tersebut dan menambahkan "kita harus keluar dari perdebatan mengenai puncak permintaan minyak, serius, dan berinvestasi."

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) yakin penggunaan minyak akan terus meningkat selama dua dekade mendatang.

Sepekan terakhir

Harga minyak mentah naik sekitar 6% minggu lalu karena ancaman yang terus-menerus terhadap pengiriman di Laut Merah, serangan Ukraina terhadap kilang Rusia, dan pemeliharaan kilang AS.

Bensin berjangka AS naik tipis sekitar 1% pada hari Senin (12/2) ke level tertinggi dalam tiga bulan setelah melonjak 9% pada minggu lalu selama penghentian kilang.

Baca Juga: Harga Minyak Naik 5% Sepekan Setelah Israel Menolak Tawaran Gencatan Senjata

Kelompok Houthi yang didukung Iran di Yaman telah menargetkan pengiriman dengan drone dan rudal sejak November sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza. AS telah memimpin serangan balasan terhadap situs rudal Houthi sejak Januari.

“Kami sekali lagi akan mencatat bahwa pasokan minyak mentah global belum secara signifikan terganggu oleh permusuhan di Timur Tengah dan bahwa pengalihan rute kargo minyak di sekitar Laut Merah tidak secara signifikan mengurangi pasokan minyak mentah global,” kata para analis di penasihat energi Ritterbusch and Associates.

Di Gaza, Israel membebaskan dua sandera yang ditahan oleh Hamas yang didukung Iran di Rafah dalam operasi penyelamatan yang menewaskan 74 warga Palestina di kota Gaza selatan di mana sekitar satu juta warga sipil mencari perlindungan dari pemboman selama berbulan-bulan.

Di Timur Tengah lainnya, Menteri Energi Arab Saudi mengatakan alasan di balik keputusan kerajaan tersebut baru-baru ini untuk menghentikan rencana perluasan kapasitas minyaknya adalah karena transisi energi, dan menambahkan bahwa negara tersebut mempunyai banyak kapasitas cadangan untuk melindungi pasar minyak.

Sesama anggota OPEC, Irak, mengatakan, pihaknya berkomitmen terhadap keputusan OPEC dan setelah pemotongan sukarela kedua diumumkan pada bulan Desember.

Baca Juga: Minyak Naik 3% Karena Penolakan Gencatan Senjata di Gaza dan Data Stok Bahan Bakar AS

Irak juga mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memproduksi tidak lebih dari 4 juta barel per hari.

Sementara itu, di AS, produksi minyak di wilayah penghasil serpih terbesar diperkirakan akan meningkat pada bulan Maret ke level tertinggi dalam empat bulan, menurut perkiraan energi federal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×