kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak bergerak tipis di tengah kenaikan pasokan AS


Rabu, 06 Februari 2019 / 07:36 WIB
Harga minyak bergerak tipis di tengah kenaikan pasokan AS


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sempat menembus US$ 55 per barel pada akhir pekan lalu, harga minyak cenderung terkoreksi. Rabu (6/2) pukul 7.17 WIB, harga minyak west texas intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret 2019 di New York Mercantile Exchange berada di US$ 53,77 per barel, turun 2,70% ketimbang Jumat lalu yang masih ada di US$ 55,26 per barel.

Hari ini, harga minyak naik tipis 0,20% ketimbang hari sebelumnya di US$ 53,66 per barel. Harga minyak bergerak di rentang sempit sejak pekan lalu meski berada di atas harga rata-rata tahun ini pada US$ 52,17 per barel.

Harga minyak brent untuk pengiriman April 2019 di ICE Futures kemarin ditutup pada US$ 61,98 per barel, melemah 0,85% ketimbang posisi awal pekan. Dalam sepekan, harga minyak acuan internasional ini menguat 1,27%.

Sejumlah sentimen positif yang mengerek harga minyak antara lain pemangkasan produksi OPEC yang masih berlangsung serta sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Venezuela. Menurut survei Reuters, pasokan minyak OPEC bulan lalu turun di level terbesar dalam dua tahun terakhir.

Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan bahwa Rusia mematuhi pemangkasan produksi secara bertahap. Dia mengatakan, produksi turun 47.000 barel per hari pada bulan Januari jika dibandingkan dengan Oktober tahun lalu.

Meski OPEC memangkas produksi, pasokan masih bertambah dari rekor produksi AS. Angka produksi terbaru AS kini mencapai 11,9 juta barel per hari.

Data Genscape menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah di Cushing, Oklahoma naik lebih dari 943.000 barel hingga 1 Februari lalu. Di sisi lain, prediksi permintaan menurun karena penurunan pesanan baru pabrik AS. Penurunan tajam tampak pada pesanan mesin dan peralatan elektronik.

"Ada kekhawatiran bahwa pelambatan manufaktur akan mengurangi permintaan minyak. Karena angka manufaktur mengecewakan, pasar minyak bereaksi," kata Phil Flynn, analis minyak Price Futures Group kepada Reuters.

Di sisi lain, Gene McGillian, director of market research Tradition Energy mengatakan, pasar masih menunggu update negosiasi dagang AS-China. "Pasar tampaknya kembali khawatir tidak ada kemajuan berarti dalam pembicaraan kedua negara," kata dia.

Pekan lalu, Presiden AS Donald Trump mengatakan akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping untuk menyelesaikan perselisihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×