CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.004,92   -14,06   -1.38%
  • EMAS994.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Harga Emas Turun Akibat Ekspektasi Kenaikan Bunga Lebih Lanjut


Kamis, 23 Juni 2022 / 12:32 WIB
Harga Emas Turun Akibat Ekspektasi Kenaikan Bunga Lebih Lanjut
ILUSTRASI. Harga emas spot turun 0,2% pada US$ 1.832,91 per ons troi pada pukul 11.40 WIB.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas turun pada hari Kamis (23/6), tertekan oleh ekspektasi kenaikan suku bunga yang agresif setelah gubernur Federal Reserve AS menggandakan upaya bank sentral melawan inflasi. 

Harga emas spot turun 0,2% pada US$ 1.832,91 per ons troi pada pukul 11.40 WIB. Sedangkan harg emas berjangka AS turun 0,2% menjadi US$ 1.834,30 per ons troi. 

"Dengan Gubernur Fed Jerome Powell menunjukkan bahwa kenaikan 1% adalah kemungkinan nyata, ini mengingatkan tekanan konstan pada harga emas dari kenaikan suku bunga," kata Michael McCarthy, kepala strategi di Tiger Brokers, Australia kepada Reuters

Baca Juga: Harga Minyak Turun Lebih Dari 2%, Investor Mempertimbangkan Risiko Resesi

Ketika ditanya oleh anggota Komite Perbankan Senat apakah Fed dapat menaikkan suku bunga sebanyak 100 basis poin sekaligus, Powell mengatakan dia tidak akan pernah menutup kemungkinan apapun. Dia menambahkan, para pejabat The Fed akan membuat langkah apa pun yang diperlukan untuk memulihkan stabilitas harga. Powell akan bersaksi lagi di Washington D.C. pada hari Kamis. 

Emas sering dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan safe haven yang aman selama krisis ekonomi, seperti resesi. Tetapi kenaikan suku bunga menurunkan minat terhadap emas. Suku bunga yang lebih tinggi dan imbal hasil obligasi meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak menghasilkan bunga. 

"Emas diperkirakan akan mengikuti penurunan harga komoditas lainnya. Emas lebih mungkin diperdagangkan di bawah US$ 1.800 per ons troi dalam dua minggu ke depan," kata Michael Langford, direktur penasihat perusahaan AirGuide. 

Baca Juga: Harga Emas Menguat Setelah Powell Menegaskan Komitmen

"Emas adalah kripto untuk baby boomers, tidak memiliki penggunaan industri yang berarti dan merupakan penyimpan nilai psikologis seperti halnya kripto untuk generasi muda," ujar Langford. 

Kurs dolar AS stabil pada level yang tinggi setelah penurunan dua hari. Dolar yang stabil membatasi permintaan untuk emas batangan yang dihargakan dengan greenback di antara pembeli yang memegang mata uang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental THE FUTURE OF SELLING

[X]
×