kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45868,41   6,74   0.78%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Tertekan Penguatan Dolar dan Data Ekonomi AS


Kamis, 25 Januari 2024 / 17:33 WIB
Harga Emas Tertekan Penguatan Dolar dan Data Ekonomi AS
ILUSTRASI. Kamis (25/1) pukul 14.04 WIB, harga emas di pasar spot naik 0,1% menjadi US$ 2.014,89 per ons troi.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas bergerak mendekati level terendah satu minggu pada hari Kamis. Harga emas tertekan oleh penguatan dolar Amerika Serikat (AS) dan peningkatan imbal hasil obligasi AS. Sementara fokus juga tertuju pada pertemuan kebijakan Bank Sentral Eropa dan laporan PDB AS yang akan dirilis hari ini.

Kamis (25/1) pukul 14.04 WIB, harga emas di pasar spot naik 0,1% menjadi US$ 2.014,89 per ons troi. Harga emas mas berjangka AS turun 0,1% menjadi US$ 2.014,90 per ons troi.

Emas batangan mencapai level terendah dalam hampir seminggu pada hari Rabu setelah data menunjukkan bahwa perekonomian AS memulai tahun 2024 dengan baik. Aktivitas bisnis meningkat pada bulan Januari dan inflasi tampak mereda.

“Perekonomian AS terus menghadapi malapetaka dan hal ini memungkinkan pasar untuk memperhitungkan pelonggaran kebijakan dan risiko resesi,” kata Kyle Rodda, analis pasar keuangan di Capital.com kepada Reuters.

Baca Juga: Harga Emas Spot Berada di Dekat Level Terendah 1 Minggu pada Kamis (25/1)

Indeks dolar stabil di dekat level tertingginya dalam enam minggu. Penguatan dolar membuat emas yang dihargakan dalam greenback menjadi kurang menarik bagi pemegang mata uang lainnya. Sementara imbal hasil obligasi Treasury AS bertenor 10 tahun mendekati level tertinggi dalam lebih dari satu bulan sebesar 4,2% yang dicapai minggu lalu.

Rodda menambahkan, data yang kuat selama beberapa minggu ke depan dan kemungkinan penolakan dari The Fed pada akhir pertemuan kebijakan bulan Januari akan membuat emas rentan terhadap penurunan lebih lanjut.

Baca Juga: Cek Harga Emas Antam Hari Ini, Selisih dengan Harga Buyback Rp 103.000!

Pasar saat ini memperkirakan peluang 43% penurunan suku bunga Fed pada bulan Maret. Namun, ekspektasi tersebut sebagian besar telah ditunda hingga bulan Mei dengan probabilitas 88%, menurut aplikasi probabilitas suku bunga IRPR LSEG.

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Investor sekarang menunggu pembacaan pertama PDB AS kuartal keempat yang akan dirilis pada pukul 20.30 WIB. Keputusan kebijakan Bank Sentral Eropa akan diumumkan nanti malam pukul 22.15 WIB, dan data pengeluaran konsumsi pribadi AS pada hari Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×