kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45867,20   12,42   1.45%
  • EMAS1.357.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Spot Turun Menjelang Rilis Data Ketenagakerjaan AS pada Jumat (7/6)


Jumat, 07 Juni 2024 / 09:32 WIB
Harga Emas Spot Turun Menjelang Rilis Data Ketenagakerjaan AS pada Jumat (7/6)
ILUSTRASI. One kilo gold bars are pictured at the plant of gold and silver refiner and bar manufacturer Argor-Heraeus in Mendrisio, Switzerland, July 13, 2022. REUTERS/Denis Balibouse


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga emas melemah pada hari Jumat (7/6), tetapi menuju kenaikan mingguan pertama dalam tiga minggu terakhir.

Investor menunggu data non-farm payrolls AS hari ini sebagai petunjuk mengenai prospek penurunan suku bunga.

Melansir Reuters, harga emas di pasar spot turun 0,2% menjadi US$2.371,04 per ons troi pada 01.44 GMT. Emas batangan naik sekitar 2% untuk minggu ini sejauh ini.

Sementara, harga emas berjangka AS tidak berubah pada US$2.384,50.

Baca Juga: Harga Emas Antam Melonjak Rp 17.000 Menjadi Rp 1.366.000 Per Gram Pada Hari Ini (7/6)

Dolar melayang mendekati level terendah dalam delapan minggu dan imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun mencapai minggu terburuknya sejak Desember 2023, membuat emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil lebih menarik bagi investor.

Harga emas diperkirakan akan mencapai rekor tertinggi lainnya tahun ini meskipun terjadi penurunan permintaan fisik, kata konsultan Metals Focus, karena penurunan suku bunga terjadi di tengah ketegangan AS-China dan konflik di Ukraina dan Timur Tengah.

Investor sekarang menunggu data non-farm payrolls yang akan dirilis pada pukul 12.30 GMT (21.30 WIB) untuk mengukur kesehatan perekonomian AS dan apakah data tersebut akan menghalangi Federal Reserve untuk memangkas suku bunga pada bulan September.

Para pedagang saat ini memperkirakan peluang penurunan suku bunga sebesar 68% pada bulan September, menurut alat CME FedWatch.

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi opportunity cost memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Penjualan produk emas Perth Mint turun pada bulan Mei ke level terendah sejak Maret, sementara penjualan perak naik 16% pada bulan tersebut, kata pihak pengilangan.

Baca Juga: Badan Emas London Tinjau Tuduhan Kekhawatiran Kemurnian Produk Emas Antam

Polandia telah meningkatkan cadangan emasnya, baru-baru ini membeli 5 ton emas, dan berencana untuk terus meningkatkan cadangan tersebut, kata gubernur bank sentral Polandia Adam Glapinski.

London Bullion Market Association (LBMA) mengatakan sedang mengkaji tuduhan yang melibatkan penambang negara Indonesia Aneka Tambang (Antam) atas kemurnian produk emasnya.

Di tepat lain, harga perak di pasar spot turun 0,5% menjadi US$31,16 per ons troi, platinum naik 0,4% menjadi US$1.006,75, dan paladium turun 0,2% menjadi US$928,25.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×