kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,83   -7,61   -0.88%
  • EMAS917.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Harga emas spot melemah ke US$ 1.809 per ons troi pada pagi ini (2/8)


Senin, 02 Agustus 2021 / 09:34 WIB
Harga emas spot melemah ke US$ 1.809 per ons troi pada pagi ini (2/8)
ILUSTRASI. Harga emas spot melemah di awal pekan ini

Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Harga emas turun tipis pada perdagangan awal pekan ini. Sentimen yang memudarkan kilau emas datang dari pergerakan dolar Amerika Serikat (AS) yang tetap stabil, dengan para investor menanti data pekerjaan bulanan AS untuk mengukur kesehatan pasar tenaga kerja.

Senin (2/8) pukul 08.55 WIB, harga emas spot turun 0,2% ke level US$ 1.809,21 per ons troi. Harga mundur dari level puncak dalam dua minggu yang terjadi pada sesi sebelumnya setelah pemulihan dolar AS. 

Setali tiga uang, harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman Desember 2021 turun 0,1% menjadi US$ 1.814,90 per ons troi.

Katalis bagi harga emas datang setelah Federal Reserve akan mulai mengurangi pembelian obligasi bulanan sebesar US$ 120 miliar mulai musim gugur ini. Lebih lanjut, Presiden The Fed St Louis, James Bullard, mengatakan, dengan rencana memotongnya yang "cukup cepat" maka program pembelian obligasi akan berakhir pada bulan-bulan pertama tahun 2022 dan membuka jalan bagi kenaikan suku bunga pada tahun itu jika diperlukan.

Baca Juga: Harga emas Antam stagnan di level Rp 948.000 per gram pada hari ini (2/8)

Komentar Bullard muncul setelah kepastian dari Ketua The Fed, Jerome Powell, bahwa kenaikan suku bunga tidak akan terjadi untuk saat ini.

Di sisi lain, aktivitas pabrik China pada bulan Juli berkembang pada laju paling lambat dalam 17 bulan. Itu terjadi karena biaya bahan baku yang lebih tinggi dan cuaca ekstrem. Hal tersebut akhirnya menambah kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Sementara itu, Pakar penyakit menular terkemuka AS Dr. Anthony Fauci memperingatkan pada hari Minggu, "segalanya akan menjadi lebih buruk" dengan peningkatan kasus virus Covid-19, yang sebagian besar terjadi di antara yang tidak divaksinasi.

Hal serupa terjadi di kawasan Asia, yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 pada hari Sabtu. Sebagian besar didorong oleh varian penyakit Delta yang sangat menular.

Permintaan emas fisik melemah di India minggu lalu karena kenaikan harga menghambat pembelian eceran. Sedangkan, konsumen utama China melihat beberapa pembelian aman, meskipun penjualan perhiasan membosankan.

Harga komoditas logam mulia lainnya terlihat bervariasi. Di mana, harga perak turun 0,4% menjadi US$ 25,37 per ons troi. Sementara paladium naik 0,1% ke US$ 2.664,34, dan platinum juga menguat 0,6% menjadi US$ 1.054,72 per ons troi.

 

Selanjutnya: IHSG dibuka menguat ke 6.089 pada hari ini (2/8), asing koleksi BBRI, UNVR, BABP

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×