kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Spot ke US$1.914,99 Senin (28/8) Siang, Mengukur Prospek Suku Bunga AS


Senin, 28 Agustus 2023 / 15:37 WIB
Harga Emas Spot ke US$1.914,99 Senin (28/8) Siang, Mengukur Prospek Suku Bunga AS
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas stabil pada hari Senin (28/8) setelah pernyataan Ketua The Fed Jerome Powell tentang kemungkinan kenaikan suku bunga lebih lanjut. Pasar mencari arah dari data ekonomi minggu ini untuk konfirmasi lintasan suku bunga.

Melansir Reuters, harga emas spot hampir datar di US$1.914,99 per ons troi pada pukul 0744 GMT karena indeks dolar AS berada di dekat level tertinggi 12 minggu. Sedangkan, harga emas berjangka AS naik 0,1% menjadi US$1.942,40.

Berbicara pada pertemuan tahunan di Jackson Hole, Wyoming pada hari Jumat lalu, Powell membiarkan kemungkinan kenaikan suku bunga lebih lanjut untuk mendinginkan inflasi yang masih terlalu tinggi dan menekankan kekuatan ekonomi AS yang mengejutkan.

Baca Juga: Stagnan, Simak Daftar Lengkap Harga Emas Antam di Siang Ini (28/8)

"Pandangan umum adalah bahwa para pelaku pasar telah memperkirakan hasil yang hawkish menjelang pidato Powell, yang memberikan ruang untuk sedikit kelegaan pada kejutan kecil," kata Yeap Jun Rong, market strategist di IG.

"Namun, masih banyak yang menunggu pemulihan harga emas yang berkelanjutan untuk saat ini, mengingat bahwa kekhawatiran akan percepatan kembali inflasi pada ketahanan ekonomi AS diterjemahkan ke dalam peningkatan taruhan kenaikan suku bunga pada bulan November."

Federal Reserve Bank Cleveland Loretta Mester pada hari Sabtu mengatakan bahwa mengalahkan inflasi mungkin akan membutuhkan satu kali lagi kenaikan suku bunga AS.

Suku bunga yang lebih tinggi diterjemahkan ke dalam permintaan yang lebih rendah untuk emas batangan, yang tidak menghasilkan bunga.

"Meskipun komentar Powell tidak menambah momentum imbal hasil Treasury, mereka tetap tinggi dalam hal historis dan dengan demikian mereka terus bertindak sebagai beban pada harga emas," kata Kepala Analis Pasar KCM Trade, Tim Waterer, dalam sebuah catatan.

Serangkaian data ekonomi minggu ini, termasuk inflasi PCE inti AS dan laporan penggajian non-pertanian, kemungkinan akan memberikan fokus yang lebih tajam pada kekuatan ekonomi.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini (28/8) Bergeming, Rugi 10,60% Pembeli Sepekan Lalu

Menyoroti sentimen investor terhadap emas, data pada hari Jumat menunjukkan spekulan emas COMEX memangkas posisi net buy pada pekan yang berakhir 22 Agustus.

Di tempat lain, harga perak spot turun 0,4% menjadi US$24,14 dan platinum turun 0,2% menjadi US$943,12. Sedangkan, harga paladium naik tipis 0,1% menjadi US$1.222,86.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×