kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.342.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Spot Ditutup Melonjak di Tengah Harapan Penurunan Suku Bunga AS


Sabtu, 15 Juni 2024 / 07:33 WIB
Harga Emas Spot Ditutup Melonjak di Tengah Harapan Penurunan Suku Bunga AS
ILUSTRASI. harga emas spot melonjak 1,3% ke level US$ 2.333,04 per ons troi di akhir pekan


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga emas naik lebih dari 1% pada hari Jumat dan berada di jalur kenaikan mingguan pertama dalam empat minggu terakhir, karena tanda-tanda melambatnya inflasi di AS meningkatkan harapan penurunan suku bunga pada akhir tahun ini dan juga aksi jual saham di seluruh Eropa. meminjamkan dukungan.

Jumat (14/6), harga emas spot ditutup menguat 1,3% ke level US$ 2.333,04 per ons troi. Harga emas naik 1,7% untuk pekan ini.

Sementara itu, harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman Agustus 2024 ditutup menguat 1,3% ke US$ 2.349.1 per ons troi. Dalam sepekan, emas berjangka naik 1% di pekan ini.

Di pasar keuangan yang lebih luas, indeks saham Eropa turun karena aset Perancis terpukul akibat gejolak politik di negara tersebut. 

Suasana hati-hati juga terjadi di Wall Street, dengan investor berhenti sejenak setelah kenaikan kuat pada indeks S&P 500 dan Nasdaq. 

Baca Juga: Harga Logam Diproyeksi Tetap Solid di Tengah Sikap Hawkish The Fed

"Kombinasi dari melemahnya ekuitas, dan beberapa penurunan suku bunga (dalam penetapan harga dana berjangka Fed), menghidupkan kembali minat terhadap emas, meskipun faktanya bahwa Federal Reserve telah mengubah titik-titik pada pertemuan FOMC-nya," kata Bart Melek, Head of Commodity Strategies TD Securities.

Para pelaku pasar meningkatkan perkiraan mereka terhadap pemotongan sekitar 52 basis poin (bps) (atau pemotongan dua perempat poin) pada akhir Desember setelah data inflasi yang lebih lemah pada minggu ini.

Angka tersebut meningkat dari 37 bps pada Jumat lalu, ketika laporan pekerjaan yang lebih kuat dari perkiraan menghilangkan harapan penurunan suku bunga lebih awal, menurut alat probabilitas suku bunga LSEG, IRPR. 

Suku bunga yang lebih rendah cenderung meningkatkan daya tarik emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil (non-yielding) karena menjadikannya investasi yang lebih menarik, dibandingkan dengan aset lain seperti obligasi Treasury.

Baca Juga: Wall Street Bervariasi: Nasdaq Catat Rekor Penutupan Tertinggi ke-5 Berturut-Turut

Data minggu ini menunjukkan harga konsumen tidak berubah pada bulan Mei untuk pertama kalinya dalam hampir dua tahun, sementara harga produsen secara tak terduga turun.

Namun, median "dot plot" Federal Reserve yang dirilis setelah pertemuan kebijakan dua hari - yang mempertahankan suku bunga tetap stabil - menunjukkan para pembuat kebijakan memproyeksikan penurunan hanya seperempat poin.

"Kesepakatan masih belum terselesaikan di sini. Mungkin akan ada penurunan lanjutan di bawah US$ 2.300 dalam waktu dekat karena pasar menilai kembali titik-titik tersebut," tambah Melek.

Selanjutnya: Menuntut Transparansi Divestasi Freeport

Menarik Dibaca: Sebelum Berlomba, Ketahui 5 Keuntungan Olahraga Marathon di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×