kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Spot Ditutup Koreksi ke Bawah US$ 1.700 Per Ons Troi Lagi


Sabtu, 08 Oktober 2022 / 07:07 WIB
Harga Emas Spot Ditutup Koreksi ke Bawah US$ 1.700 Per Ons Troi Lagi
ILUSTRASI. Kilau emas meredup di akhir pekan


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga emas kembali tergelincir ke bawah US$ 1.700 per ons troi, setelah laporan pekerjaan Amerika Serikat (AS) yang lebih baik dari perkiraan memperkuat ekspektasi Federal Reserve akan menerapkan kenaikan suku bunga yang curam.

Jumat (7/10), harga emas spot ditutup anjlok 1,03% ke US$ 1.694,82 per ons troi. Namun, harga emas masih menguat 2,06% dalam sepekan.

Sementara itu, harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman Desember 2022 ditutup melemah 0,7% ke US$ 1.709,30 per ons troi.

"Pasar melihat laporan penggajian yang lebih kuat dari perkiraan sebagai dorongan lebih lanjut bagi The Fed untuk menaikkan lagi 75 bps pada pertemuan awal November," kata Tai Wong, Senior Trader di Heraeus Precious Metals di New York.

"Jika emas batangan tidak menahan support di US$ 1.690, itu bisa menguji ulang level US$ 1.660. Pasar sekarang akan fokus pada data inflasi utama minggu depan, serta risalah Fed," lanjut Wong.

Baca Juga: Harga Emas Spot Stabil, Tapi Menuju Minggu Terbaik Sejak Maret

Data menunjukkan pengusaha AS mempekerjakan lebih banyak pekerja dari yang diharapkan pada bulan September, sementara tingkat pengangguran turun menjadi 3,5%.

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, karena hal ini meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil, sambil meningkatkan dolar, di mana emas dihargai.

Mengikuti data, dolar AS menguat terhadap para pesaingnya, dan membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya. Imbal hasil US Treasury tenor acuan 10 tahun juga naik.

"Pedagang emas sekali lagi memutuskan untuk lebih fokus pada kebijakan The Fed dan mengurangi geopolitik yang mungkin mendorong beberapa permintaan safe-haven," kata Jim Wyckoff, Analis Senior di Kitco Metals.

Sementara itu, harga emas fisik turun di India pada minggu ini karena kenaikan harga lokal di tengah penurunan rupee mengurangi permintaan, dengan harga yang lebih tinggi memainkan spoilsport di hub Asia lainnya juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×