kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Spot Berada di Dekat Level Tertinggi 3 Bulan pada Selasa (5/3)


Selasa, 05 Maret 2024 / 15:20 WIB
Harga Emas Spot Berada di Dekat Level Tertinggi 3 Bulan pada Selasa (5/3)
ILUSTRASI. Emas batangan


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga emas stabil mendekati level tertingginya dalam tiga bulan pada hari Selasa (5/3), didukung oleh lemahnya belanja manufaktur dan konstruksi Amerika Serikat (AS).

Investor menunggu kesaksian dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell dan data pekerjaan utama sebagai isyarat kebijakan.

Harga emas di pasar spot datar di US$2.114,99 per ons troi, pada 0740 GMT, berada di sekitar level tertinggi sejak 4 Desember di US$2.119,69 yang dicapai pada hari Senin. Sedangkan, harga emas berjangka AS turun 0,1% menjadi US$2.123,90.

Baca Juga: Harga Emas Dunia Mendekati Rekor Tertinggi, Emas Antam Cetak All Time High

Patokan harga emas London mencapai rekor tertinggi US$2.098,05 per troi ons pada hari Senin.

"Reli emas ini dipicu oleh data AS yang lebih lemah dari perkiraan dan penurunan suku bunga riil... namun ada bias umum untuk membeli saat turun dan sentimen positif investor terhadap emas yang juga membuat pasar rentan." ke atas," kata ahli strategi UBS Joni Teves.

Manufaktur AS semakin merosot di bulan Februari, seiring dengan menurunnya inflasi secara bertahap, sementara sentimen konsumen masih lemah.

Raphael Bostic dari The Fed mengatakan pada hari Senin bahwa bank tersebut tidak berada di bawah tekanan untuk segera menurunkan suku bunga, menyoroti perekonomian yang “makmur” dan pasar kerja.

Fokus pasar kini beralih ke kesaksian Powell di hadapan kongres selama dua hari pada hari Rabu dan Kamis, di minggu yang penuh dengan data ketenagakerjaan.

Investor mencari lebih banyak petunjuk mengenai kesehatan ekonomi AS dan potensi waktu penurunan suku bunga The Fed.

Suku bunga yang lebih rendah meningkatkan daya tarik emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Baca Juga: Harga Emas Antam Melonjak Rp 15.000 Hari Ini 5 Maret

Dana yang diperdagangkan di bursa (exchange-traded fund) yang didukung emas terbesar di dunia, kepemilikan SPDR Gold Trust turun 10% dari tahun sebelumnya pada tanggal 4 Maret.

“Meskipun ETF emas terus melakukan penjualan, laju penjualan telah diukur secara wajar, yang menunjukkan bahwa ini adalah perubahan pada komposisi portofolio investor daripada investor kehilangan kepercayaan terhadap emas,” kata Teves.

Di tempat lain, harga platinum spot turun 0,6% menjadi US$891,95 per ons troi dan paladium turun 1,3% menjadi US$947,80, dan perak turun 0,3% menjadi US$23,83

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×