kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Naik Menjelang Akhir Pekan


Jumat, 27 Mei 2022 / 06:56 WIB
Harga Emas Naik Menjelang Akhir Pekan
ILUSTRASI. Meski menguat, pergerakan harga emas pekan ini cenderung mendatar.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas menguat jelang akhir pekan. Meski menguat, pergerakan harga emas pekan ini cenderung mendatar.

Jumat (27/5) pukul 6.45 WIB, harga emas spot berada di US$ 1.852,33 per ons troi. Harga emas menguat 0,09% ketimbang posisi kemarin dan naik 0,31% ketimbang pekan sebelumnya.

Harga emas kontrak Agustus 2022 di Commodity Exchange pun hari ini naik 0,09% ke US$ 1.855,50 per ons troi. Dalam sepekan, harga emas berjangka menguat 0,38%.

Salah satu penopang kenaikan harga emas adalah pelemahan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS). Indeks dolar yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia melemah ke 101,83 pada perdagangan kemarin dari posisi 103,15 pada pekan lalu.

Baca Juga: Wall Street Melesat, Pasar Saham AS Menghentikan Reli Penurunan Mingguan Terpanjang

Pasar emas pun mencermati risalah rapat Federal Reserve yang menunjukkan potensi kenaikan suku bunga lagi pada Juni-Juli. Kepastian kenaikan suku bunga meredakan kekhawatiran investor. 

Risalah pertemuan kebijakan Fed 3-4 Mei yang dirilis pada hari Rabu menyoroti sebagian besar peserta mendukung kenaikan suku bunga tambahan 50 basis poin pada pertemuan Juni dan Juli, meskipun itu tidak mengejutkan pasar. 

"Risalah tidak mengubah apa pun. Pasar mulai menyadari bahwa Fed akan terus mengambil langkah-langkah kuat untuk mengendalikan inflasi," kata Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Securities kepada Reuters.

 Baca Juga: Harga Emas Turun Lagi Setelah Sinyal Kenaikan Suku Bunga Lebih Lanjut

"Pengetatan belum berakhir dan mungkin merupakan taruhan yang sangat aman untuk mengatakan bahwa kondisi suku bunga akan terus menjadi lebih ketat," imbuh Melek. 

Harga logam mulia sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga karena meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil. Analis senior Kitco Jim Wycoff dalam sebuah catatan mengatakan, harga emas sebagian tertekan oleh stabilisasi indeks saham AS minggu ini. 

Baca Juga: Cek Harga Emas Antam dan UBS Hari Ini di Pegadaian, Jumat, 27 Mei 2022

Klaim pengangguran AS turun minggu lalu, konsisten dengan pasar tenaga kerja yang tetap ketat di tengah permintaan yang kuat untuk pekerja meskipun suku bunga meningkat dan kondisi keuangan yang ketat. Membatasi penurunan emas batangan, dolar AS melayang di dekat posisi terendah satu bulan. Sementara imbal hasil Treasury AS 10-tahun juga turun ke level terendah sejak April. 

"Emas tampaknya goyah ketika menyentuh sesuatu seperti resistensi teknis dan kemudian Anda mendapatkan likuidasi panjang dan ambil untung. Jadi ini adalah masalah utama untuk emas saat ini," kata analis independen Ross Norman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×