kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Harga emas naik lagi akibat masalah politik di Libya dan AS


Selasa, 21 Januari 2020 / 08:14 WIB
Harga emas naik lagi akibat masalah politik di Libya dan AS
ILUSTRASI. Warga menunjukkan emas batangan 25 gram sebelum dijual di Butik Emas Logam Mulia Antam, Bandung, Jawa Barat, Rabu (8/1/2020). Selasa (21/1) pukul 8.05 WIB, harga emas spot berada di US$ 1.561,16 per ons troi.

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas naik lagi pada Selasa (21/1) pagi. Ini adalah kenaikan harga emas dalam tiga hari perdagangan berturut-turut.

Selasa (21/1) pukul 8.05 WIB, harga emas spot berada di US$ 1.561,16 per ons troi, naik tipis dari harga penutupan perdagangan kemarin pada US$ 1.560,77 per barel.

"Investor berbondong-bondong ke instrumen emas meski pasar saham menguat, terutama karena ketidakpastian jangka panjang dari sisi politik, kemungkinan volatilitas pasar saham, ekspektasi laba yang melemah, dan suku bunga ultra rendah," kata Eugen Weinberg, analis Commerzbank kepada Reuters.

Baca Juga: Analis: Jika harga emas dunia US$ 1.600, harga emas Antam bisa menuju Rp 800.000

Weinberg menambahkan bahwa investor memburu exchange-traded fund (ETF) beraset emas dan bank sentral membeli emas dengan laju yang mencapai rekor.

Investor masih mencermati perkembangan konflik militer Libya yang menyebabkan penutupan dua ladang minyak besar. Di Amerika Serikat (AS), Presiden AS Donald Trump memberikan pembelaan komprehensif pertama sebelum sidang impeachment di Senat.

Baca Juga: Wow! Harga paladium cetak rekor lagi, paling mahal di antara logam mulia lain

Pasar emas juga akan menunggu kabar dari rapat bank sentral AS pekan depan pada 28-29 Januari.




TERBARU
Terpopuler

Close [X]
×