kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Naik, Didukung Rencana Pelarangan Impor Emas dari Rusia oleh Negara G7


Senin, 27 Juni 2022 / 07:29 WIB
Harga Emas Naik, Didukung Rencana Pelarangan Impor Emas dari Rusia oleh Negara G7
ILUSTRASI. Ilustrasi harga emas. To match Insight AFRICA-GOLD/REFINERIES REUTERS/Baz Ratner/File Photo


Reporter: Herlina KD | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas naik pada perdagangan awal pekan ini. Senin (27/6), harga emas untuk pengiriman Agustus 2022 di Commodity Exchange ada di US$ 1.833,30 per ons troi, naik 0,16% dari akhir pekan lalu yang ada di US$ 1.830,30 per ons troi.

Harga emas naik terkerek sentimen dari rencana anggota G7 yakni Amerika Serikat, Inggris, Jepang dan Kanada yang berencana untuk mengumumkan larangan impor emas baru dari Rusia selama pertemuan puncak para pemimpin G7. 

Mengutip Bloomberg, pemerintah Inggris dalam sebuah pernyataan mengungkapkan, didukung oleh peran bank sentral London dalam perdagangan emas, langkah ini akan memiliki jangkauan global, menutup komoditas dari pasar internasional formal dan memberikan dampak besar pada kemampuan Presiden Vladimir Putin untuk mengumpulkan dana.

Baca Juga: Perketat Sanksi, Biden Desak Anggota G7 untuk Melarang Impor Emas dari Rusia

Pengiriman antara Rusia dan London turun menjadi hampir nol sejak negara-negara barat memberlakukan sanksi terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina.

Asosiasi pasar emas London, yang menetapkan standar untuk pasar itu, menghapus penyulingan emas Rusia dari daftar terakreditasi di bulan Maret.

"Apa yang dilakukan adalah memformalkan apa yang telah dilakukan oleh industri emas," kata Adrian Ash, kepala penelitian di broker BullionVault seperti dikutip Bloomberg.

Langkah ini akan berlaku untuk pertama kalinya, untuk emas yang dikirim dari Rusia. 

Departemen Keuangan AS juga akan mengeluarkan larangan AS pada Selasa besok, menurut seseorang yang mengetahui rencana tersebut.

Orang Amerika telah dilarang terlibat dalam transaksi emas dengan bank sentral Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×