kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga emas menuju penurunan mingguan pertama dalam 3 kali kenaikan dolar


Jumat, 26 Maret 2021 / 09:15 WIB
Harga emas menuju penurunan mingguan pertama dalam 3 kali kenaikan dolar
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas berada di jalur untuk penurunan mingguan pertama ketiga. Kenaikan imbal hasil US Treasury dan dolar AS yang kuat mempengaruhi daya tarik safe-haven bullion.

Melansir Reuters pukul 08.54 WIB, harga emas spot datar di US$ 1.726,96 per ons troi pada 0126 GMT pada hari Jumat. Sedangkan, harga emas berjangka AS stabil di US$ 1.725,50 per ons troi. Logam mulia ini mencapai level terendah satu pekan di US$ 1.721.46 di sesi sebelumnya.

Untuk pekan ini, logam telah kehilangan lebih dari 1% karena dolar AS naik terhadap sekeranjang mata uang utama, melompati level tertinggi empat bulan pada hari Kamis.

Baca Juga: Simak rekomendasi saham Antam (ANTM) di tengah dibukanya ekspor mineral mentah

Imbal hasil US Treasury melonjak setelah Departemen Keuangan melihat minat yang hangat untuk lelang surat utang berjangka tujuh tahun. Pengembalian yang lebih tinggi pada US Treasury umumnya meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan, sementara dolar yang kuat membuatnya mahal bagi pembeli non-AS.

Aksi jual pasar obligasi lainnya kemungkinan terjadi dalam tiga bulan ke depan setelah kekalahan baru-baru ini di pasar keuangan, menurut analis yang disurvei oleh Reuters.

Negara-negara di Eropa memberlakukan kembali pembatasan Covid-19 karena Jerman, ekonomi terbesar di Eropa, mengalami lonjakan kasus virus korona tertinggi sejak Januari, semakin meningkatkan keraguan tentang kecepatan pemulihan ekonomi.

Emas sering dianggap sebagai investasi tempat berlindung yang aman pada saat terjadi ketidakpastian politik dan ekonomi.

Baca Juga: Harga emas hari ini di Pegadaian, Jumat 26 Maret 2021

Pasar Asia akan dibuka lebih tinggi pada hari Jumat setelah ekuitas AS naik karena investor mempertimbangkan prospek pertumbuhan ekonomi dan inflasi dan menyambut kemajuan peluncuran vaksinasi.

Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran turun ke level terendah satu tahun minggu lalu.

Di tempat lain ,harga  perak naik 0,1% menjadi US$ 25,05, bertahan di atas level terendah dua bulan di US$ 24,39 per ons troi yang dicapai pada hari Kamis. Harga palladium naik 0,2% menjadi US$ 2.614,51 dan platinum turun 0,1% menjadi US$ 1.146,11.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×