kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Turun Pada Jumat (16/12) Akibat Indikasi Kenaikan Bunga Lebih Lanjut


Jumat, 16 Desember 2022 / 06:58 WIB
Harga Emas Turun Pada Jumat (16/12) Akibat Indikasi Kenaikan Bunga Lebih Lanjut
ILUSTRASI. Harga emas kembali turun pada Jumat (16/12) pagi, melanjutkan penurunan di hari ketiga berturut-turut.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas kembali turun pada Jumat (16/12) pagi, melanjutkan penurunan di hari ketiga berturut-turut. Harga emas tertekan setelah Federal Reserve mengindikasikan kenaikan suku bunga lanjutan di tahun depan.

Jumat (16/12) pukul 6.45 WIB, harga emas turun tipis 0,02% ke US$ 1.776,53 per ons troi setelah kemarin turun 1,68%. Harga emas kontrak Februari 2023 di Commodity Exchange turun 0,10% ke US$ 1.786 per ons troi setelah kemarin turun 1,7%.

Harga emas mencapai level terendah dalam sekitar seminggu. Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS)menguat  setelah The Fed mengatakan akan kembali menaikkan suku bunga tahun depan.

"The Fed mempertahankan pesan hawkish untuk saat ini meskipun prospek pertumbuhan menurun, dan pada gilirannya tanpa pemotongan, akan sangat sulit bagi spekulan untuk memindahkan modal mereka ke emas," kata Daniel Ghali, komoditas ahli strategi di TD Securities kepada Reuters.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini di Pegadaian, Antam Masih di Atas Sejuta dan UBS Melempem!

The Fed pada hari Rabu menaikkan suku bunga sebesar 50 basis points (bps) seperti yang diharapkan. Tetapi harga emas turun sebanyak 0,8% setelah komentar dari Gubernur Fed Jerome Powell menunjukkan bahwa bank sentral AS mengharapkan suku bunga tetap lebih tinggi dan lebih lama.

"Data inflasi yang diterima sejauh ini pada bulan Oktober dan November menunjukkan penurunan yang disambut baik dalam laju kenaikan harga. Tetapi akan membutuhkan lebih banyak bukti untuk memberikan keyakinan bahwa inflasi berada pada jalur penurunan yang berkelanjutan," kata Powell.

Emas sering dianggap sebagai lindung nilai terhadap lonjakan inflasi. Tetapi kenaikan suku bunga dapat membatasi tekanan inflasi sekaligus mengurangi daya tarik emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Baca Juga: Harga Emas Spot ke Level Terendah Satu Minggu, Tertekan Nada Hawkish The Fed

Bank sentral Eropa dan Bank sentral Inggris juga menaikkan suku bunga utama mereka setengah persentase poin pada hari Kamis. Kedua bank sentral mengindikasikan kemungkinan kenaikan lebih lanjut.

Membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya dolar menguat pada perdagangan kemarin. Kamis (15/12), indeks dolar menguat 0,76% ke 104,56.

"Harga emas turun karena tekanan ambil untung dari pedagang berjangka jangka pendek, setelah kenaikan baru-baru ini," kata Jim Wyckoff, analis senior di Kitco Metals.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×