kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Dunia Pecahkan Rekor Lagi, Dipoles Oleh Ketegangan Timur Tengah


Selasa, 02 April 2024 / 22:19 WIB
Harga Emas Dunia Pecahkan Rekor Lagi, Dipoles Oleh Ketegangan Timur Tengah
ILUSTRASI. Emas batangan. REUTERS/Michael Dalder


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga emas kembali mencapai rekor tertingginya pada hari Selasa (2/4). Pasar kembali mengambil aset safe haven di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah, sebagian besar mengabaikan penguatan dolar dan mengurangi spekulasi penurunan suku bunga AS.

Melansir Reuters, harga emas di pasar spot naik 0,9% menjadi US$2.269,48 per ons troi pada pukul 1440 GMT, setelah mencapai level tertinggi sepanjang masa di US$2.276,89. Sedangkan, harga emas berjangka AS naik 1,5% menjadi US$2.290,40.

Baca Juga: Harga Emas Spot di US$2.261,69 Selasa (2/4) Sore, di Bawah Level Rekor Tertinggi

“Kami melihat sejumlah permintaan safe haven mengalir ke emas, yang berkaitan dengan serangan Israel terhadap kedutaan besar Iran di Suriah,” kata Daniel Ghali, commodity strategist di TD Securities.

Ghali menambahkan, kenaikan harga emas terbaru mungkin juga terkait dengan short-covering dari kantor keluarga dan toko dagang milik perusahaan.

Iran bersumpah akan membalas dendam kepada Israel atas serangan udara terhadap kompleks kedutaan Iran di Damaskus.

Ole Hansen dari Saxo Bank mengatakan, penawaran beli dari bank ritel dan bank sentral diikuti oleh spekulan yang mengikuti momentum yang telah memperpanjang posisi beli mereka setelah emas menembus di atas US$2.200.

Baca Juga: Harga Emas Spot Kembali Cetak Rekor Tertinggi

Kombinasi dorongan bullish telah mendorong harga emas batangan hampir 10% lebih tinggi sepanjang tahun ini.

“Apa yang membuat reli emas begitu tidak biasa adalah bahwa hal itu terjadi meskipun ada hambatan yang signifikan seperti kenaikan dolar AS, imbal hasil Treasury yang meningkat, kemungkinan kenaikan suku bunga AS yang lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama,” kata analis independen Ross Norman.

Dolar melonjak setelah data Senin menunjukkan manufaktur AS tumbuh untuk pertama kalinya dalam 1,5 tahun pada bulan Maret.

Para pedagang mengurangi spekulasi penurunan suku bunga pada bulan Juni menjadi 58% dibandingkan sekitar 60% sebelum data tersebut dirilis, yang dalam keadaan normal, akan menekan harga emas batangan tanpa imbal hasil.

Baca Juga: Harga Emas Dunia Stabil di Dekat Puncak, Emas Antam Masih Rekor tertinggi

Namun meski pasar emas masih berada dalam "mood yang sangat bullish", pasar mungkin perlu melakukan konsolidasi di tengah pergeseran kembali ke pandangan yang lebih hawkish terhadap kebijakan Federal Reserve, kata Tai Wong, pedagang logam independen yang berbasis di New York.

Di tempat lain, harga perak naik 3% menjadi US$25,86 per ons troi, platinum bertambah 2,8% menjadi US$927,60, dan paladium naik 1,1% menjadi US$1.007,52.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×