kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga emas Antam hari Ini naik lagi, ini cara hitung untung-rugi yang benar


Rabu, 28 Agustus 2019 / 10:05 WIB
Harga emas Antam hari Ini naik lagi, ini cara hitung untung-rugi yang benar


Reporter: Hasbi Maulana | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hari ini (28/8) harga emas batangan bersertifikat di Logam Mulia milik PT Aneka Tambang (ANTM) naik lagi, setelah sempat turun kemarin. 

Ketika harga emas Antam terus menerus naik seperti akhir-akhir ini, segera orang membayangkan para investor emas panen untung. Harga pecahkan rekor tertinggi, pasti investornya juga untung, dong?

Baca Juga: Harga emas Antam catat rekor di Rp 774.000 per gram, Senin (26/8)

Benarkah begitu?  

Anggapan seperti itu tidak tepat. Harga emas memang terus menerus memecahkan rekor, tapi tidak berarti investor bisa menjual emasnya dengan harga rekor tersebut.

Ya, asal tahu saja, selama ini Antam menetapkan dua macam harga emas batangan produksinya: harga jual emas dan harga beli kembali (buyback)

Sebagai contoh, harga jual pecahan satu gram emas Antam hari ini, Rabu (28/8) berada di Rp 772.000. Hari ini juga, harga pembelian kembali (buyback) yang ditetapkan oleh Logam Mulia Antam adalah Rp 698.000.

Perhatikan, terdapat selisih harga Rp 74.000 antara harga jual dan harga beli Antam tersebut.

Baca Juga: Emas kembali mencetak rekor, terdorong memburuknya perang dagang AS-China

Harga jual di atas adalah harga Anda membeli emas dari gerai Logam Mulia. Adapun harga buyback adalah harga beli oleh gerai Logam Mulia ketika Anda menjual kembali emas tersebut kepada mereka.

Dengan pengertian tersebut, mari kita berandai-andai pagi tadi Anda membeli emas dari Antam dengan dengan harga Rp 772.000 per gram.

Lalu, siang ini, karena suatu sebab tiba-tiba Anda butuh uang sangat mendesak. Anda terpaksa menjual kembali emas yang Anda beli tadi pagi ke gerai Logam Mulia Antam.

Jangan kaget, emas yang sama cuma akan dihargai Rp 698.000 per gram. Dengan kata lain, Anda langsung rugi 9,58% hanya dalam tempo beberapa jam!

Halaman Selanjutnya: Ilustrasi untung rugi kalkulasi jual beli emas batangan 




TERBARU

[X]
×