kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga bitcoin naik lebih dari 25% dalam sepekan


Kamis, 07 Oktober 2021 / 20:04 WIB
Harga bitcoin naik lebih dari 25% dalam sepekan
ILUSTRASI. Dalam 24 jam terakhir harga bitcoin sudah naik 6,10%, dan dalam 7 hari terakhir sudah naik 25,44%.


Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aset kripto dengan kapitalisasi pasar US$ 1,02 triliun, bitcoin (BTC), sedang berada di dalam tren bullish selama beberapa hari terakhir ini. Merujuk CoinMarketCap, per 7 Oktober 2021, pukul 18.30 WIB, harga bitcoin berada di angka US$ 54.108 per BTC. Dalam 24 jam terakhir harga bitcoin sudah naik 6,10%, dan dalam 7 hari terakhir sudah naik 25,44%. 

Sedangkan, apabila kita merujuk pada Indodax, per 7 Oktober 2021, pukul 15.30 WIB, harga bitcoin berada di angka Rp 769 juta per BTC. Dalam 24 jam terakhir, harga bitcoin naik 5,37%.

CEO Indodax, Oscar Darmawan menilai, penguatan bitcoin masih akan berlangsung apabila pemberitaan mengenai bitcoin semakin positif. Selain itu, permintaan yang semakin banyak menurutnya akan menguatkan harga bitcoin.

Baca Juga: Miliarder George Soros mengoleksi bitcoin tapi tidak banyak

Oscar menambahkan, ada beberapa sentimen yang akan mempengaruhi aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ini ke depannya. Seperti keseimbangan penawaran dan permintaan. 

“Ini adalah hukum pasar. Ketika bitcoin semakin populer dan banyak permintaan maka harganya akan naik. Begitu juga sebaliknya,” kata Oscar kepada Kontan.co.id, Kamis (7/10).

Pemberitaan di media juga menurutnya akan menjadi sentimen yang mempengaruhi. Seperti berita terakhir, mengenai Gubernur Federal Reserve Jerome Powell yang mengatakan bahwa otoritas moneter Amerika Serikat (AS) itu tidak berniat melarang kripto. “Ini menyebabkan harga bitcoin dan kripto naik,” ujar Oscar.

Masih sedikitnya volume bitcoin dibandingkan dengan permintaan juga dinilai akan mempengaruhi. Saat ini Oscar mengamati, kalau persebaran bitcoin masih tidak merata. Sehingga harganya akan sangat dipengaruhi oleh tindakan para pemegang aset kripto tersebut dalam penjualan dan pembelian.

Baca Juga: Terkenal karena kicauan Elon Musk, inilah mata uang kripto Shiba Inu

Terakhir, dia menilai faktor psikologis juga menjadi sentimen bagi bitcoin. Oscar melihat, dengan semakin banyaknya yang mempercayai aset kripto sebagai aset yang layak dimiliki, maka membuat masyarakat dunia semakin berminat untuk membali dan akan berpengaruh harganya akan semakin meningkat.

Selain itu, exchange-traded fund (ETF) bitcoin juga dinilai akan menjadi prospek positif bagi bitcoin. Oscar memandang, dengan bitcoin secara historis harganya selalu naik, maka ETF bitcoin juga mempunyai potensi yang sama.

Hal ini ditambah dengan beberapa keunggulan yang dimiliki ETF bitcoin seperti perdagangan yang lebih sederhana akan berguna bagi kalangan investor yang tidak ingin terlalu dalam mempelajari bitcoin. 

“Bitcoin ETF menurut saya adalah pelengkap atau jalan alternatif untuk melakukan investasi bitcoin dan mampu mejangkau pasar yang lebih luas karena kesederhanaan pada mekanisme perdagangannya,” imbuh Oscar.

Baca Juga: Bitcoin diprediksi masih akan positif hingga akhir tahun

Nantinya, investor yang lebih memilih jalan sederhana akan tertarik untuk berinvestasi pada bitcoin ETF. Dengan semakin banyak pasar yang dicakup oleh bitcoin ETF, dia juga berharap akan memberikan efek domino terhadap harga bitcoin.

Oscar masih berharap bitcoin dapat kembali menyentuh level tertinggi. Pemberitaan internasional saat ini positif dan semakin banyak negara serta perusahaan yang menerima aset kripto sebagai aset atau pun sebagai mata uang bisa menyokong harga.

“Potensi untuk terus menguat tentu ada. Mengingat permintaan di pasar juga semakin banyak serta makin banyaknya perusahaan besar yang menerima bitcoin. Kalau kita bandingkan harga bitcoin di akhir 2020 dengan harga bitcoin sekarang trennya terus naik,” pungkas Oscar. 

Baca Juga: 1 Bitcoin berapa rupiah, sempat jatuh BTC kembali bangkit ke rekor tertinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×