kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Bitcoin Menguat ke US$ 48.000 Per BTC, Simak Proyeksinya


Selasa, 29 Maret 2022 / 10:14 WIB
Harga Bitcoin Menguat ke US$ 48.000 Per BTC, Simak Proyeksinya
ILUSTRASI. Harga bitcoin mulai reli lagi


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Reli Bitcoin di bawah radar selama beberapa hari terakhir membuat kenaikan sekali lagi mengincar level yang belum pernah dilihat aset kripto ini sejak tahun lalu.

Cryptocurrency terbesar berdasarkan nilai pasar itu naik 4,6% pada satu titik pada hari Senin, mencapai US$ 48.215 per btc sebelum berfluktuasi di sekitar level tersebut.

Bitcoin dan cryptocurrency lainnya, hingga beberapa minggu terakhir, terperosok dalam tren pelemahan yang serupa dengan aset berisiko lainnya, seperti saham Amerika Serikat (AS).

Namun setelah tembus di atas US$ 45.000 pada akhir pekan lalu, membantu bitcoin mengumpulkan momentum untuk kembali menguat. Bitcoin telah menguat 17% selama seminggu terakhir.

“Ini merupakan awal yang berombak untuk tahun ini, tidak hanya untuk kripto, tetapi di semua kelas aset. Jadi saya pikir tentu saja, ini adalah pagi yang menyenangkan di komunitas kripto untuk melihat kerugian selama setahun, sejauh ini, terhapus, dan juga melihat Bitcoin menembus di atas level psikologis $ 45.000,” kata Michael Sonnenshein, CEO Grayscale dikutip dari Bloomberg, Selasa (29/3).

Baca Juga: Harga Bitcoin Capai Level Tertinggi dalam 3 Bulan, Begini Proyeksi ke Depan

Dia menambahkan bahwa beberapa pembeli kripto asli seperti Terra membeli untuk cadangan mereka sendiri yang dapat membantu mendukung harga. Do Kwon, salah satu pendiri dan kepala eksekutif perusahaan di belakang blockchain Terra, mengkonfirmasi bahwa mereka telah membeli lebih dari US$ 1 miliar Bitcoin sejak akhir Januari.

Analis juga menunjuk pada perkembangan lain untuk optimisme baru seputar kripto, dengan beberapa mengutip komentar oleh Menteri Keuangan AS Janet Yellen, yang mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa terlepas dari skeptisismenya sendiri tentang kelas aset, ada manfaat dari kripto dan ia menyadari bahwa inovasi dalam sistem pembayaran dapat menjadi hal yang sehat.

Reli tersebut telah membawa Bitcoin ke level overbought secara teknis, berdasarkan skor Relative Strength Index (RSI) 71. Aset dianggap overbought jika RSI-nya melintasi di atas 70 dan oversold jika turun di bawah 30.

Level overbought cenderung memunculkan proyeksi untuk kenaikan harga mengalami istirahat jangka pendek, meskipun ahli strategi di Bespoke Investment Group mengatakan tidak selalu kondisi tersebut menyebabkan penurunan dan sebaliknya dapat menandakan kenaikan lebih lanjut.

Baca Juga: Galang Pendanaan untuk Perang Melawan Rusia, Ukraina Lelang NFT

Namun, Bitcoin tetap sekitar 30% di bawah rekor tertinggi sekitar US$ 69.000 yang dicapai pada bulan November silam.

Tetapi Katie Stockton, pendiri Fairlead Strategies, mengatakan reli bantuan saat ini memiliki kekuatan yang bertahan. Bitcoin menandai "sinyal beli" baru melalui indikator MACD dan dia juga melihat resistensi di dekat US$ 51.000.

Sementara itu, Nicholas Cawley, ahli strategi di DailyFX, mengatakan ada zona resistensi lain antara US$ 52.000 - US$ 53.000, terdiri dari tertinggi sebelumnya dan terendah reaktif sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×