kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Habco Trans Maritima Tawarkan Harga IPO Rp 160 Per Saham


Rabu, 20 Juli 2022 / 06:15 WIB
Habco Trans Maritima Tawarkan Harga IPO Rp 160 Per Saham


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Habco Trans Maritima Tbk berencana untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 26 Juli 2022 mendatang. Perusahaan yang bergerak di bidang pengangkutan laut dalam negeri untuk barang khusus ini akan memakai kode emiten HATM.

Dalam penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) ini, Habco Trans akan melakukan penawaran umum sebanyak 1.118.750.000 saham, setara dengan 16,65% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Merujuk informasi tambahan dan/atau perubahan atas prospektus ringkas, harga penawaran ditetapkan sebesar Rp 160 per saham. Dengan harga penawaran tersebut, jumlah nilai penawaran umum yang diestimasikan sebesar Rp 179 miliar.

"Seluruh dana hasil dari penawaran umum perdana saham ini setelah dikurangi biaya-biaya emisi, seluruhnya akan digunakan untuk pembelian armada kapal bulker baru untuk mendukung kegiatan usaha perseroan," mengutip prospektus ringkas, Selasa (19/7).

Baca Juga: Usai IPO, Chemstar (CHEM) Perluas Pasar ke Segmen Kosmetik Serta F&B

Bersamaan dengan penawaran umum, Habco Trans Maritima akan menerbitkan saham baru sebanyak-banyaknya 281,25 juta saham. Sebagai pelaksanaan konversi perjanjian utang (utang konversi) senilai Rp 45 miliar dengan PT Samudra Sejahtera Investama (PT SSI).

Proses ini akan dilaksanakan bersamaan dengan dilakukannya penawaran umum saham perdana Habco Trans Maritima, pada harga pelaksanaan konversi sesuai harga penawaran dan akan didistribusikan setelah tanggal penjatahan.

Total persentase saham setelah ditambah hasil pelaksanaan konversi adalah sebesar 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum dan program Employee Stock Allocation (ESA) sebanyak 0,26%.

Sebagai informasi, kegiatan usaha utama Habco Trans Maritima adalah menjalankan usaha pengangkutan barang dengan menggunakan kapal laut yang dirancang secara khusus untuk mengangkut suatu jenis barang tertentu.

Meliputi angkutan barang berbahaya, limbah bahan berbahaya dan beracun, bahan bakar minyak, minyak bumi, hasil olahan, LPG, LNG dan CNG, ikan dan sejenisnya, termasuk usaha persewaan angkutan laut berikut operatornya.

Baca Juga: Menyimak Rencana Pengembangan Bisnis Dewi Shri Farmindo (DEWI) Usai IPO

Dalam IPO Habco Trans Maritima ini, PT NH Korindo Sekuritas Indonesia berperan sebagai penjamin pelaksana emisi efek dan penjamin emisi efek. 

Adapun, berikut jadwal pelaksanaannya:
Tanggal efektif: 18 Juli 2022
Masa penawaran umum perdana saham: 20 Juli - 22 Juli 2022
Tanggal penjatahan: 22 Juli 2022
Tanggal distribusi: 25 Juli 2022
Tanggal pencatatan pada Bursa Efek Indonesia: 26 Juli 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×