kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.015,93   13,36   1.33%
  • EMAS987.000 0,30%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Grup Trakindo jadi pemegang saham mayoritas ABMM, begini bentuk sinerginya


Kamis, 25 November 2021 / 10:36 WIB
Grup Trakindo jadi pemegang saham mayoritas ABMM, begini bentuk sinerginya
ILUSTRASI. Area Tambang Batubara ABM Investama di Kalimantan Selatan-


Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Tiara Marga Trakindo kini mengempit 53,55% saham PT ABM Investama Tbk (ABMM). Sebelumnya, Tiara Marga Trakindo hanya memiliki 23,11% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor.

Perubahan kepemilikan ini terjadi setelah Tiara Marga Trakindo membeli  838,21 juta saham ABMM. Jumlah itu setara 30,44% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor perseroan. Harga pembelian dilakukan di harga Rp 1.430 per saham. Sehingga, total transaksi ini senilai Rp 1,19 triliun.

Pembelian ini bertujuan untuk restrukturisasi internal, sehingga tidak terjadi perubahan pengendalian di tubuh ABMM.

Dengan pembelian saham ABMM oleh Tiara Marga Trakindo, kepemilikan Valle Verde Pte. Ltd di tubuh ABMM pun menyusut.

Sebelumnya, VVPL telah memiliki kepemilikan saham secara langsung di ABMM sejumlah 1,54 miliar saham atau setara 55,95% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor. Setelah transaksi per 17 November 2021, kepemilikan VVPL menjadi 702,34 saham atau setara 25,51%.

Baca Juga: Tiara Marga Trakindo Kini Jadi Pemegang Mayoritas di ABM Investama (ABMM)

Direktur ABM Investama Adrian Erlangga mengatakan, pihaknya menyambut positif kehadiran Tiara Marga Trakindo  menjadi pemegang saham mayoritas. Sebab, banyak benefit berupa sinergi yang bisa dimanfaatkan oleh ABMM dengan bertambahnya porsi kepemilikan Tiara Marga Trakindo.

Salah satu sinerginya antara lain dukungan dari share holder terhadap penyediaan alat berat. “ Mereka bisa membantu ABMM untuk bertumbuh” terang Adrian kepada Kontan.co.id, Rabu (24/11).

Adrian optimistis kinerja ABMM akan moncer tahun ini. Sebab, sejauh ini harga batubara masih berada di level yang sangat baik. Meski tidak menyebut angka pasti, Adrian menuturkan pertumbuhan operasional ABMM sudah berada di atas target apa yang dicanangkan. “Kemudian ditambah dukungan kenaikan harga batubara yang luar biasa,” pungkas dia.

ABMM juga terus mengembangkan kontrak-kontrak yang sudah ada. Adrian menyebut, kontrak-kontrak eksisting ini terus bertumbuh. Sehingga, tanpa mendapatkan kontrak baru pun, pertumbuhan kinerja ABMM sudah cukup stabil.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Planner Development Program Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×