kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Great Eastern Life Ungkap Penyebab Return Produk Unitlink Saham Kontraksi


Senin, 01 Juli 2024 / 05:27 WIB
Great Eastern Life Ungkap Penyebab Return Produk Unitlink Saham Kontraksi
ILUSTRASI. Rata-rata return atau imbal hasil unitlink saham kontraksi 3,32% per Mei 2024.


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.Rata-rata return atau imbal hasil unitlink saham terkontraksi 3,32% per Mei 2024. Berdasarkan data Infovesta Utama, kinerja unitlink saham tercatat paling negatif di antara jenis lain.

Bahkan, mayoritas produk unitlink saham beberapa perusahaan asuransi juga terlihat terkontraksi cukup dalam.

Salah satu produk unitlink saham yang terkontraksi cukup dalam, yakni GreatLink Intelligence Equity Fund, milik perusahaan asuransi jiwa PT Great Eastern Life Indonesia. Adapun return GreatLink Intelligence Equity Fund terkontraksi 15,48% per Mei 2024.

Presiden Direktur Great Eastern Life Indonesia Nina Ong mengatakan, penyebab penurunan return GreatLink Intelligence Equity Fund karena terpengaruh ketidakpastian perekonomian baik secara global.

"Sebab, dunia masih menanti kepastian penurunan suku bunga The Fed atau Fed Fund Rate (FFR). Secara lokal, terjadi penurunan yang cukup dalam di saham-saham blue chip yang menjadi underlying dari GreatLink Intelligence Equity Fund. Seiring juga dengan tingginya pemodal asing yang keluar dari bursa Indonesia sepanjang tahun ini," ucapnya kepada Kontan, Sabtu (29/6).

Baca Juga: Infovesta Proyeksi Kinerja Unitlink Saham Kembali Tumbuh

Nina mengatakan teknologi Artificial Intelligence atau machine learning yang digunakan dalam fund tersebut juga selalu beradaptasi seiring dengan kondisi perekonomian yang sangat dinamis akhir-akhir ini. Meski GreatLink Intelligence Equity Fund mencatatkan penurunan per Mei 2024, secara subscription produk tersebut mengalami pertumbuhan sebesar lebih dari 21% per Mei 2024.

Dia menyebut pertumbuhan itu menandakan bahwa nasabah yang merupakan investor jangka panjang masih menaruh kepercayaan pada produk GreatLink Intelligence Equity Fund.

Untuk ke depannya, Nina menyebut Great Eastern Life Indonesia optimistis bahwa GreatLink Intelligence Equity Fund memiliki prospek yang cukup baik untuk investor jangka panjang. 

"Dengan adanya teknologi Artificial Intelligence of Investment, GreatLink Intelligence Equity Fund memiliki strategi yang adaptif untuk merespons kondisi pasar yang dinamis," katanya.

Selain unitlink saham, Infovesta mencatat rata-rata return unitlink campuran juga kontraksi 1,71%. Sementara itu, unitlink pendapatan tetap mencetak rata-rata imbal hasil positif per Mei 2024 sebesar 0,05%.

Begitu juga dengan unitlink berjenis pasar uang yang memberikan rata-rata imbal hasil tertinggi dibanding jenis lain, yaitu sebesar 1,29% per Mei 2024. 

Selanjutnya: Apakah Ganjil Genap Jakarta Pagi Hari Ini Berlaku? Cek Lagi Aturannya

Menarik Dibaca: Ini Lo Jadwal KRL dari Jogja ke Solo, Senin-Jumat, 1-5 Juli 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×