kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gojek Tokopedia (GOTO) PHK 600 Karyawan, Simak Rekomendasi dari Ciptadana Sekuritas


Senin, 13 Maret 2023 / 13:30 WIB
Gojek Tokopedia (GOTO) PHK 600 Karyawan, Simak Rekomendasi dari Ciptadana Sekuritas
Gojek Tokopedia (GOTO) PHK 600 Karyawan, Simak Rekomendasi dari Ciptadana Sekuritas


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Analis Ciptadana Sekuritas dalam risetnya Senin (13/3) menjelaskan langkah PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dalam melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 600 karyawan pada Jumat (10/3) akan berdampak positif bagi perusahaan. 

Analis Ciptadana Sekuritas Gani mengatakan GOTO menerapkan proses perampingan bisnis dengan inisiatif utama menjadi konsolidasi bisnis di seluruh ekosistem, penilaian ulang prioritas dan pengurangan bisnis dan proyek non-inti. 

"Sebagai gambaran, bagian tertentu dari bisnis Mitra Tokopedia yang akan ditutup. Selain itu perusahaan akan memanfaatkan lebih banyak teknologi sistem untuk mempercepat eksekusi, mengurangi rekonsiliasi manual dan margin kesalahan, serta meningkatkan layanan jasa," ujar Gani, Senin (13/3). 

Baca Juga: GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) PHK 600 Karyawan, Ada Apa Dengan Bisnisnya?

Gani menambahkan sebagai hasil dari program ini, akan ada sekitar 600 karyawan di seluruh ekosistem akan terpengaruh. Namun jumlah pasti karyawan yang terdampak tidak diungkapkan. 

Adapun, pembicaraan pasar menyebutkan bahwa lebih dari satu karyawan dapat terkena dampak dalam satu posisi. Oleh karena itu, jumlah karyawan yang terkena dampak bisa mendekati, jika tidak lebih tinggi dari program sebelumnya.  

Menurut Gani pihaknya bersimpati dengan karyawan yang terkena dampak dalam keputusan ini, namun hal ini merupakan langkah positif bagi perusahaan. Selain itu, biaya pengeluaran personel GOTO per karyawan merupakan yang tertinggi di antara perusahaan teknologi lainnya di Indonesia. 

Hingga September 2022, biaya pegawai GOTO mencapai Rp 50,6 juta per karyawan per bulan, dibandingkan dengan BUKA sebesar Rp 34,7 juta, dan BELI sebesar Rp 40 juta.  

Baca Juga: Kejar Efisiensi, GOTO PHK 600 Karyawan

Oleh karena itu, Gani menilai penghematan di area ini akan membantu GOTO dalam mengurangi biaya tetapnya. Namun sulit untuk secara akurat mengukur keputusan ini akan mempengaruhi keuangan GOTO.

 

Gani berharap masih dapat melihat adanya pertumbuhan di GOTO meskipun pada kecepatan yang jauh lebih lambat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, GOTO telah mengumumkan struktur manajemen baru sehingga ia percaya dapat mempercepat realisasi sinergi.

Gani mempertahankan peringkat beli terhadap saham GOTO pada target harga Rp 190 per saham dan berharap GOTO dapat meniru Sea Limited yang telah mengumumkan pembukuan laba pertamanya. 

Baca Juga: GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) PHK 600 Karyawan, Begini Kata Pengamat

Selain itu, pendorong lain untuk saham GOTO datang dari kemungkinan dimasukkannya GOTO ke indeks MSCI pada Mei tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×