kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Global Oceania Sejahtera bersiap melantai di bursa tahun depan


Kamis, 25 Februari 2021 / 16:42 WIB
Global Oceania Sejahtera bersiap melantai di bursa tahun depan
ILUSTRASI. Global Oceania Sejahtera bakal gelar IPO tahun depan


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan catering PT Global Oceania Sejahtera (GOS Catering) bersiap menggelar penawaran umur saham perdana atau initial public offering (IPO).

Pendiri sekaligus CEO GOS Catering Agus Winarko mengatakan, sekarang ini perusahaan masih dalam proses restrukturisasi internal meliputi pembenahan keuangan, legal, dan pajak sebelum menggelar IPO.

“Kami juga ingin menjadi perusahaan yang berkembang, mulai dari regional dulu. Kami ingin terus berkembang, bahkan menjadi global player di industrial catering business,” kata pria yang kerap disapa Guswin ini, Kamis (25/2).

Menurut dia, salah satu cara untuk menjadi pemain di pasar regional bahkan global adalah dengan melakukan IPO atau penawaran saham ke publik melalui lantai bursa.

Dalam perencanaan mereka, tahun depan perusahaan akan melakukan IPO. Menurutnya, melalui IPO ini, diharapkan agar perusahaan memiliki akuntabilitas bisnis baik di mata investor lokal maupun internasional.

GOS Catering juga menargetkan dapat mencatatkan saham di papan utama. Hanya saja, perusahaan belum dapat menyampaikan lebih detail terkait jumlah saham yang akan dilepas, harga penawaran, hingga penjamin emisinya.

Baca Juga: BUMN bakal buat holding panas bumi, bagaimana rencana IPO Pertamina Geothermal Energy

Sebagai informasi, perusahaan ini mampu menunjukkan eksistensi bahkan pertumbuhan di tengah pandemi Covid-19. GOS Catering yang berdiri di tahun 2014 ini awalnya menjadi food distributor yang menangani klien-klien di sektor minyak dan gas di Kalimantan Timur. Dalam perjalanan, perusahaan ini merambah ke bisnis industrial catering pada tahun 2017.

Guswin pun optimistis, GOS Catering yang sejatinya adalah local food services company ini akan tumbuh lebih cepat menjadi regional bahkan global food services company. Apalagi, secara umum, pangsa pasar katering masih sangat terbuka luas. 

Dalam perkiraan dia, kapasitas yang sudah terisi oleh para pemain di bisnis ini baru sekira 50%. Sisanya belum terisi sehingga ini akan menjadi peluang yang sangat besar untuk GOS Catering.

Selain menangani sejumlah klien baik perusahaan lokal maupun asing yang bergerak di sektor minyak dan gas, GOS Catering saat ini juga mulai merambah ke sektor perkebunan dan sejumlah sektor lain. Para klien tersebar di Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Papua.

Perusahaan ini pun akan mengembangkan sejumlah industri hulu dalam bentuk unit bisnis yang mendukung bisnis katering mereka. Bernaung di bawah GOS Group, Guswin menegaskan, industri hulu yang berkaitan dengan ketering yang akan dikembangkan antara lain GOS Farm, GOS Nutrient, GOS Packs dan GOS Xperience. 

“Kami ingin menjadi integrated food services company,” pungkas dia.

Selanjutnya: Dua binaan IDX Incubator berencana listing di semester pertama 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×