kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Genjot Segmen Korporasi, Begini Rekomendasi Saham XL Axiata (EXCL)


Kamis, 28 September 2023 / 14:18 WIB
Genjot Segmen Korporasi, Begini Rekomendasi Saham XL Axiata (EXCL)
ILUSTRASI. Petugas melakukan pemeriksaan jaringan pada menara Base Transceiver Station (BTS) di dekat ruas Tol Trans Sumatera di Kuta Raya, Kecamatan Kayu Agung, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Senin (13/3/2023).?(KONTAN/Muradi)


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain pengembangan layanan konvergensi alias Fixed Mobile Convergence (FMC), PT XL Axiata Tbk (EXCL) tengah fokus menggarap pasar korporasi atau business to business (B2B).  Teranyar, EXCL sedang menyasar segmen pertambangan berbasis green mining melalui layanan XL Axiata Business Solutions (XLABS) untuk menekan emisi karbon. 

Group Head Product & Marketing XL Axiata Sharif Lukman Mahfoedz mengatakan sektor green mining ini dipilih karena punya potensi yang besar untuk menekan emisi hingga 20%.  

"Potensinya sangat besar dimana sektor pertambangan saat ini sudah mulai melihat digitalisasi sebagai salah satu salah untuk memastikan keberlangsungan lingkungan," kata Sharif kepada Kontan baru-baru ini.

EXCL memberikan layanan private network untuk mendukung operasional green mining. Ini dapat meningkatkan produktivitas melalui otomasi, hingga efisiensi biaya melalui teknologi IoT. 

Baca Juga: PT Timah Kejar Pendapatan Rp 12 Triliun, Ini Strategi Bisnis & Rekomendasi Saham TINS

Di sektor pertambangan, Private Network XL Axiata sudah digunakan oleh beberapa perusahaan. Di antaranya, PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dan PT Pamapersada Nusantara. 

Sharif menjelaskan secara keseluruhan di segmen B2B, EXCL telah melayani 3.000 perusahaan dari berbagai sektor. Mulai dari pertambangan, finansial hingga UKM. Tak hanya pertambangan hijau, EXCL juga menyasar proyek-proyek atau lembaga pemerintahan, keuangan, Fast Moving Consumer Good (FMCG) hingga transportasi dan logistik.

"Layanan kami dapat memenuhi kebutuhan digitalisasi di sektor tersebut yang sedang berkembang. EXCL ingin menjadi preferred ICT solutions provider," jelas Sharif. 

Sharif mengatakan agar bisa memperluas lini B2B, EXCL akan aktif menjalin kemitraan dengan berbagai perusahaan. Hingga saat ini, XL Axiata memiliki 200 mitra untuk menyediakan layanan B2B.  

Misalnya untuk menyasar segmen UKM, XL Axiata menjalin kerja sama dengan bersama Hypernet Technologies (Hypernet) untuk memberikan layanan Open WiFi dan Managed Services WiFi. 

Rekomendasi Saham

Research Analyst BRI Danareksa Sekuritas Niko Margaronis memproyeksikan pendapatan EXCL akan tumbuh hingga double digit hingga tutup 2023.  Raihan itu didorong oleh kenaikan trafik data dalam lima tahun terakhir. Trafik data EXCL rata-rata mencapai 78,5 petabytes di kuartal ketiga dan 90 terabytes di kuartal keempat. 

"Kami mengasumsikan pertumbuhan rata-rata sebesar 3,4% secara kuartalan dalam enam bulan ke depan," jelas Nico dalam riset 21 Agustus 2023. 

Baca Juga: Sejumlah Emiten Getol Rilis Surat Utang, Begini Rekomendasi Sahamnya

BRI Danareksa Sekuritas memproyeksikan pendapatan EXCL bisa tumbuh di kisaran 10% secara tahunan. Ini lebih tinggi dari target EXCL yang hanya high single digit di 9%.  Berkaca dari kinerja semester I-2023, EXCL membukukan pendapatan sebesar Rp 15,76 triliun. Raihan itu tumbuh 12% secara tahunan dari Rp 14,07 triliun.

Niko memproyeksikan dalam 18 bulan ke depan akan meningkat, Margin EXCL juga diprediksi akan terangkat 51% selama periode 2023–2024. 

"Idealnya, monetisasi XL Axiata akan meningkat pada Desember 2023 hingga Lebaran 2023. Di sisi lain, FMC EXCL akan mulai bertumbuh pada 2025," kata Niko. 

BRI Danareksa Sekuritas menyematkan rekomendasi beli pada EXCL dengan target harga Rp 3.900. Dalam hitungannya, P/E EXCL hingga akhir 2023 berada di 22,1 kali dengan PBV 1,2 kali.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×