kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gencar Buka Gerai Baru, Champ Resto Indonesia (ENAK) Raup Laba di Semester I-2022


Minggu, 31 Juli 2022 / 12:33 WIB
Gencar Buka Gerai Baru, Champ Resto Indonesia (ENAK) Raup Laba di Semester I-2022
ILUSTRASI. Champ Resto (ENAK) cetak kinerja positif di semester I-2022


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Champ Resto Indonesia Tbk (ENAK) selaku pemilik dan pengelola Monsieur Spoon terus menggeliat untuk melebarkan sayap bisnisnya. Teranyar, Chief Operating Officer ENAK Hade Mboi menyebut bahwa perusahaan telah membuka 3 outlet Monsieur Spoon terbaru.

Ketiga outlet Monsieur Spoon ini berada di jantung kota Jakarta, yakni Pacific Place Sudirman, Senayan City, dan Plaza Indonesia.

Dia menjelaskan, Monsieur Spoon Senayan City menyediakan pilihan area yakni indoor, semi outdoor dan outdoor yang cocok untuk berbincang pagi maupun sore bersama kerabat. Untuk gerai di Senayan City sudah dibuka sejak 30 Juni 2022.

Konsep serupa juga diadopsi di Monsieur Spoon Pacific Place. Sementara itu, Monsieur Spoon Prefere di Plaza Indonesia telah dibuka untuk publik pada Kamis (28/7) lalu dengan konsep yang lebih premium.

“Terdapat menu-menu yang berbeda dengan Monsieur Spoon lainnya, yang memang hanya bisa didapatkan di Monsieur Spoon Plaza Indonesia,” kata Hade dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Jumat (29/7).

Baca Juga: Champ Resto Indonesia (ENAK) Melanjutkan Ekspansi Gerai pada Tahun Ini

Pengembangan outlet Monsieur Spoon bisa dikatakan masif seiring dengan minat pelanggan akan konsep kafe instagramable khas kafe-kafe di Paris dengan suasana cerah dan dipadukan dengan berbagai tanaman dan bunga dihampir semua sudutnya.

Monsieur Spoon sendiri merupakan salah satu kafe yang menyajikan menu dominan meliputi French Bakery atau pastry ala Prancis. Kafe ini memang awalnya dibuka pertama kali di Bali pada tahun 2012 yang didirikan oleh 2 bersaudara asal Paris.

Hade mengatakan, setelah listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 8 Februari 2022 lalu, ENAK siap berekspansi untuk pengembangan bisnis. Diungkapkan juga bahwa Monsieur Spoon saat ini fokus pada pembukaan outlet di area Jabodetabek, baru kemudian ke kota-kota besar lainnya di Indonesia.

“Kami nantinya siap ekspansi ke kota-kota lainnya agar lebih terjangkau oleh penggemar Monsieur Spoon,” katanya.

Kencangnya ekspansi outlet ENAK berhasil menjadi salah satu faktor meroketnya laba bersih ENAK pada semester I-2022. ENAK membukukan laba bersih sebesar Rp 42,9 miliar sepanjang semester I 2022. Padahal di semester-I 2021, ENAK masih mencatat rugi senilai Rp 4,6 miliar.

 

Naiknya laba bersih didorong pertumbuhan pendapatan ENAK sebesar 56% menjadi Rp 625 miliar pada semester I-2022. Sebagai pembanding, penjualan ENAK pada semester I- 2021 sebesar Rp 400,3 miliar. Brand Gokana dan Raa Cha masih menjadi kontributor utama atas pendapatan ENAK, dengan ekspansi Monsieur Spoon yang terus mengejar kedua brand tersebut.

"Kami mencatatkan pendapatan satu semester tertinggi selama perseroan berdiri, bahkan dengan bayang-bayang varian Omicron. Hal ini tidak lepas dari kondisi ekonomi Indonesia yang terus bangkit dan beranjak pulih dari pandemi dan tingginya laju ekspansi outlet perseroan," ungkap Chief Financial Officer ENAK Christopher Supit.

Dengan melihat kinerja semester I-2022, sejauh ini Manajemen ENAK masih optimis dengan kinerja perusahaan di tahun 2022. "Pembukaan outlet sejauh ini sesuai dengan target. Animo masyarakat juga sangat baik di tengah isu global belakangan ini," tutup Christopher.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×