kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,11   -0,67   -0.07%
  • EMAS942.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.31%
  • RD.CAMPURAN 0.18%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.05%

Garudafood (GOOD) akan akuisisi saham produsen keju Prochiz, sudah sampai tahap apa?


Sabtu, 19 September 2020 / 05:35 WIB
Garudafood (GOOD) akan akuisisi saham produsen keju Prochiz, sudah sampai tahap apa?


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) berencana mengakuisisi 825 juta saham atau setara 55% dari seluruh saham produsen keju Prochiz PT Mulia Boga Raya Tbk (KEJU). Dengan begitu, saat transaksi pengambilalihan ini selesai, Garudafood akan menjadi pemegang saham pengendali baru Mulia Boga Raya.

Sayangnya, manajemen Garudafood belum dapat menginformasikan harga pembelian serta target waktu penyelesaian transaksi tersebut. 

"Untuk harga dan target pengambilalihan Mulia Boga Raya, kami belum dapat memberikan informasi yang tepat saat ini karena kami baru mulai pada tahapan proses negosiasi," ungkap Direktur Garudafood Paulus Tedjosutikno kepada Kontan.co.id, Jumat (18/9).

Garudafood juga belum mau memberitahukan besaran dana yang disiapkan untuk akuisisi ini. Yang jelas, penyelesaian pengambilalihan akan dilakukan setelah tercapai kesepakatan final tentang seluruh hal terkait aspek usaha, komersial, finansial, legal, serta seluruh syarat-syarat pendahuluan dan ketentuan-ketentuan material sebagaimana diatur dalam nota kesepahaman yang telah dibuat.

Baca Juga: Perluas jaringan usaha, Garudafood bakal beli 55% saham produsen keju Prochiz

Berdasarkan keterbukaan informasi Garudafood di situs web Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (17/9), Garudafood telah menandatangani nota kesepahaman dengan para penjual yang terdiri dari enam orang. Mereka adalah Lie Po Fung, Sandjaya Rusli, Berliando Lumban Toruan, Agustini Muara, Marcello Rivelino, dan Amelia Fransisca.

Merujuk data RTI, per 31 Agustus 2020, Lie Po Fung merupakan pemegang saham mayoritas KEJU dengan kepemilikan sebesar 36%. Sementara Sandjaya Rusli menggenggam 22% saham, Berliando Lumban Toruan 9,34%, Agustini Muara 8%, Marcello Riveliono 2,33%, dan Amelia Fransisca 2,33%.

Paulus menambahkan, aksi korporasi ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperluas jaringan usaha, serta untuk memperkuat posisi bisnis Garudafood di industri makanan dan minuman. 

"Selain itu, melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat meningkatkan kinerja penjualan dan menopang pencapaian target pertumbuhan perusahaan menjadi lebih baik ke depannya," kata dia.

Selanjutnya: Garudafood Putra Putri Jaya (GOOD) Menunda Agenda Ekspansi

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Corporate Valuation Model Managing Procurement Economies of Scale Batch 5

[X]
×