kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,83   -7,61   -0.88%
  • EMAS917.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Garuda Food (GOOD) siap ekspansi: ini deretan rencana dari usaha baru sampai buyback


Minggu, 16 Mei 2021 / 11:22 WIB
Garuda Food (GOOD) siap ekspansi: ini deretan rencana dari usaha baru sampai buyback
ILUSTRASI. PT Garudafood Putra dan Putri Jaya Tbk (GOOD) berencana ekspansi industri makanan ringan, obat tradisional, pertanian hingga alat kesehatan lewat anak usahanya. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/30/08/2018

Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) berencana menambah kegiatan usaha pada industri minuman ringan, produk obat tradisional, hingga pertanian, seperti kacang tanah dan jagung. 

Dalam keterbukaan informasi ke pemegang saham (10/5), manajemen perusaaam ini Garuda Food ini menyebut bahwa ekspansi ini sejalan dengan prospek bisnis tersebut dalam jangka panjang. 

Tak hanya itu saja, dalam keterangan yang sama, Garuda Food  melalui anak usahanya, PT Sinarniaga Sejahtera (SNS), sebelumnya juga aklan ekspansi pada perdagangan alat-alat kesehatan seperti laboratorium, alat kedokteran farmasi, kosmetik, perlengkapan rumah tangga hingga pergudangan dan angkutan multimoda untuk barang umum. 

Baca Juga: Penjualan Garudafood (GOOD) diprediksi membaik di paruh kedua tahun ini

Beberapa industri yang disebutkan tersebut sebelumnya belum pernah digarap perseroan. 

Untuk mendukung penambahan kegiatan usaha tersebut, Garudafood telah menunjuk penilai independen, yaitu Kantor Jasa Penilai Publik KJPP Iskandar Dan Rekan (KJPP), untuk memberikan laporan studi kelayakan, sesuai dengan Surat Penawaran No. 034.6/IDR/DO.2/Pr-FS/II/2021 tanggal 22 Februari 2021. 

Rencana ekspansi ini diharapkan berimbas terhadap peningkatan kinerja GOOD sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan dan perindustrian. 
“Rencana ini juga berpotensi meningkatkan pendapatan perseroan dan memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham perseroan,” tulis manajemen Garuda Food. 

Buyback saham

Dalam keterangan berbeda di Bursa Efek Indonesi, manajemen Garuda Food tersebut berencana untuk melakukan buyback saham yang telah dikeluarkan sebanyak-banyaknya 1% saham dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh. 

Adapun tujuan buy back adalah demi menjaga kestabilan harga sahamnya, emiten produsen makanan ringan.

Untuk itu, perseroan menyediakan dana sebesar Rp 50 miliar untuk rencana buy back tersebut. 

Pembelian kembali saham ini  akan dilakukan secara bertahap dalam waktu paling lama 18 bulan sejak disetujui oleh para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 16 Juni 2021 mendatang.

Dalam RUPST nanti, perusahaan akan meminta persetujuan dua aksi korporasi, yaitu ekspansi usaha dan rencana pembelian kembali (buyback) saham. 

Bila rencana buyback itu disetujui, manajemen GOOD akan menunjuk PT Indo Premier Sekuritas sebagai anggota bursa untuk melakukan pembelian kembali saham perseroan.

 

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×