kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

FTX Bangkrut, Tokocrypto Setop Transaksi Token FTT


Rabu, 16 November 2022 / 16:34 WIB
FTX Bangkrut, Tokocrypto Setop Transaksi Token FTT
ILUSTRASI. Kapitalisasi pasar FTX Token (FTT) merosot dari US$ 3,5 miliar per 1 November menjadi US$ 571 juta pada hari ini.


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa kripto FTX telah mengajukan kebangkrutan di pekan lalu di Delaware, Amerika Serikat (AS). Kasus ini menyebabkan kapitalisasi pasar FTX Token (FTT) merosot dari US$ 3,5 miliar pada 1 November menjadi hanya US$ 571 juta pada Rabu (16/1) pukul 16.20 WIB.

Harga token FTT pun terjun dari US$ 26,33 pada 1 November 2022 menjadi hanya US$ 1,7 pada hari ini. Kasus bursa kripto FTX yang merupakan salah satu bursa kripto terbesar dunia pun menjadi pukulan yang berat dan mempengaruhi ekosistem kripto secara global.

COO Tokocrypto, Teguh Kurniawan Harmanda mengatakan, Tokocrypto telah menghapus dan menghentikan perdagangan FTT, token native FTX setelah peninjauan mendalam. Penghentian transaksi ini berlaku kemarin, 15 November 2022 pukul 11.30 WIB.

Tokocrypto menyebut transaksi token FTT yang dihentikan adalah pasangan FTT/BNB, FTT/BTC dan FTT/USDT. 

"Alasan penghentian adalah untuk memberikan keamanan dan kenyamanan transaksi kepada seluruh nasabah Tokocrypto. Token FTT telah memiliki volatilitas yang terlalu tinggi dan tidak wajar," kata Manda kepada kontan.co.id, Rabu (16/11). 

Baca Juga: Pasca Kebangkrutan FTX, Indodax Sarankan Audit Total Crypto Exchange di Indonesia

Dia menambahkan kasus hack yang sedang dialami oleh FTX, bisa merugikan dan membahayakan investor kripto FTT. Manda mengatakan, tidak ada permintaan withdrawal di Tokocrypto saat penghentian perdagangan token FTT. 

Dia menyebut, sebagian besar investor kripto FTT di Tokocrypto sudah mengalihkan dana dengan aset kripto lain yang bervariatif. Tapi Manda tidak menyebutkan detail pengalihan investasi investor kripto ini.

Dia menyebut, token kripto FTT/FTX sudah banyak di-delisting diberbagai bursa kripto. Oleh karena itu, prospek ke depan sudah kurang baik.

"Kasus FTX memicu efek domino ke market dan ekosistem industri kripto global. Pasar kripto di Indonesia pun tidak bisa lepas dari dampaknya," kata Manda kepada Kontan.co.id, Rabu (16/11). 

Manda melihat saat ini pasar kripto tengah terjadi penurunan nilai di pasar aset kripto imbas kasus FTX. Peristiwa ini membuat investor kripto masih bersikap wait and see dan belum terlalu bergairah untuk kembali ke pasar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×