kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fleksibilitas Pilihan Bunga KPR Solusi Tenang Rencanakan Masa Depan


Kamis, 30 Juni 2022 / 12:26 WIB
Fleksibilitas Pilihan Bunga KPR Solusi Tenang Rencanakan Masa Depan
ILUSTRASI. Kontan - J Trust Bank Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Anda yang ingin punya rumah sendiri dan berencana mencicil rumah dengan KPR, sebaiknya memahami terlebih dahulu jenis-jenis bunga KPR. Setelah dikurangi pembayaran DP, Anda harus mengangsur sisa biaya pembelian rumah yang dikenakan bunga. Jenis bunga KPR yang diberlakukan oleh bank akan memengaruhi besarnya cicilan.

Bunga KPR yang paling banyak digunakan adalah bunga tetap (fixed rate) dan bunga mengambang (floating rate). Bunga tetap merupakan suku bunga yang nilainya dipatok tetap selama jangka waktu pinjaman yang ditawarkan pihak bank. Sementara itu, bunga mengambang besaran suku bunganya berubah-ubah, sesuai perkembangan suku bunga acuan Bank Indonesia.

Baca Juga: Rahasia Bisa Punya Rumah, Cari KPR Bunga Rendah dan Tenor Fleksibel

Bagi debitur atau pemilik utang, suku bunga tetap akan memberikan keuntungan karena besarnya cicilan tidak berubah selama jangka waktu berlakunya. Kondisi perekonomian dan perubahan suku bunga acuan tidak memengaruhi nilai cicilan. Adapun, KPR dengan bunga mengambang akan menguntungkan debitur jika tingkat suku bunga acuan sedang turun.

Suku bunga tetap akan berlaku dengan patokan dan tenor tertentu. Setelah masa berlaku bunga tetap selesai, bank akan kembali memberlakukan skema bunga mengambang yang mengikuti suku bunga acuan Bank Indonesia. Misalnya, program KPR sebuah bank menerapkan suku bunga tetap 6% selama setahun. Setelah setahun, besaran cicilan akan kembali disesuaikan mengikuti fluktuasi suku bunga.

Fleksibilitas memilih jenis suku bunga KPR dapat membantu Anda merencanakan masa depan dengan tenang. Bunga KPR rendah dan tenor panjang memudahkan Anda menyesuaikan angsuran dengan kemampuan dan tidak mengganggu kondisi keuangan.

Ragam pilihan bunga KPR

KPR Idaman J Trust memberikan solusi bagi Anda yang sedang merencanakan punya rumah. Skema pembiayaan pembelian hunian idaman dari J Trust Bank ini dapat digunakan untuk membeli berbagai tipe properti seperti rumah tapak, apartemen, ruko, dan rukan yang dijual pengembang maupun non-pengembang.

Salah satu perumahan yang dapat dimiliki dengan KPR Idaman J Trust adalah Springhill Yume Lagoon di Serpong, Tangerang Selatan. Menariknya, KPR Idaman J Trust menawarkan berbagai pilihan besaran bunga KPR bagi calon debitur yang ingin memiliki hunian bergaya Jepang di perumahan tersebut.

Pertama, promo bebas DP hingga 31 Desember 2022. Tanpa menyetor DP rumah, calon debitur bisa memilih bunga KPR tetap 5,99% - 8,49% per tahun selama satu tahun atau bunga tetap 6,24% - 8,74% per tahun selama dua tahun.

Setelah masa bunga tetap berakhir, tersedia keringanan bunga floating. Jangka waktu pinjaman pun bisa disesuaikan hingga 30 tahun.

Kedua, promo bunga tetap hingga lima tahun pertama, berlaku hingga 31 Desember 2022. Calon debitur bisa memilih bunga tetap satu tahun 3,25% - 4,25% per tahun, bunga tetap dua tahun 3,50% - 4,50% per tahun, bunga tetap tiga tahun 3,75% - 4,75% per tahun, bunga tetap empat tahun 4,00% - 5,00% per tahun, dan bunga tetap lima tahun 4,25% - 5,25% per tahun. Promo ini menawarkan tenor maksimum hingga 30 tahun.

Ketiga, promo bunga tetap dengan tenor pendek hingga 31 Desember 2022. Calon debitur bisa memperoleh keringanan beban bunga dengan suku bunga KPR tetap sebesar 8,50% untuk jangka waktu pinjaman 10 tahun.

Untuk dapat mengikuti program KPR Idaman J Trust ini, calon debitur harus merupakan WNI berusia minimum 21 tahun. Bagi debitur yang pegawai, pinjaman KPR berakhir sesuai usia pensiun di perusahaan dan pada usia 65 tahun bagi profesional/wiraswasta.

Jika debitur sudah menikah, penilaian bank akan berdasarkan pendapatan gabungan suami istri. Besarnya jumlah pinjaman, suku bunga KPR, jumlah cicilan, dan jangka waktu pembayaran berubah berdasarkan kondisi pinjaman debitur.

Jadi, tunggu apa lagi? Wujudkan mimpi punya rumah sekarang juga. Informasi selengkapnya mengenai persyaratan pengajuan KPR Idaman J Trust, kunjungi kantor cabang J Trust Bank terdekat atau hubungi Ask J 1500 615.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×