kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fitch menurunkan peringkat viabilitas BBRI menjadi bb+


Kamis, 18 Juni 2020 / 14:12 WIB
Fitch menurunkan peringkat viabilitas BBRI menjadi bb+
ILUSTRASI. Peringkat utang jangka panjang Bank Rakyat Indonesia (BBRI) tetap BBB- dan peringkat nasional tetap AA+.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Fitch Ratings telah menurunkan peringkat viabilitas atau viability rating (VR) PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menjadi bb+ dari bbb-. Peringkat Issuer Default Rating (IDR) jangka panjang bank dan anak perusahaan perbankan syariah PT Bank BRIsyariah Tbk (BRIS) telah diafirmasi masing-masing di 'BBB-' dan 'BB+'. Peringkat internasional BRI lainnya juga telah diafirmasi.

Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi peringkat nasional jangka panjang BRI di 'AA+(idn)' dan BRIS di 'AA(idn)'. Outlook pada semua peringkat jangka panjang tetap stabil.

Penurunan VR mencerminkan penilaian ulang Fitch atas kapitalisasi bank setelah penurunan rasio modal ekuitas Tier 1 (CET1) bank umum menjadi 17,5% pada akhir kuartal pertama 2020 dari 21,7% pada akhir 2019. Fitch menilai bahwa rasio tersebut tidak akan bertahan pada tingkat yang sepadan dengan skor bbb.

Oleh karena itu, perusahaan rating ini menurunkan skor kapitalisasi dan leverage BRI menjadi bb+ dari bbb-. "Hal ini mendorong penurunan peringkat VR bank. Kami sebelumnya menyoroti nilai kapitalisasi dan leverage bank sebagai sensitivitas utama untuk VR BRI dalam komentar tindakan pemeringkatan kami setelah meninjau peringkat bank pada April 2020,"  ungkap Fitch dalam pengumuman pemeringkatan, Rabu (17/6).

Baca Juga: Sebulan di KAI, Rivan Purwanto kembali ke Bukopin menjadi Direktur Utama

VR BBRI mencerminkan waralaba bank yang memuaskan sebagai bank komersial terbesar di Indonesia dengan jaringan distribusi yang paling luas. Viability rating BRI ini juga mencerminkan profil pendanaan dan likuiditas yang stabil, permodalan yang memadai, dan kualitas aset dan profitabilitas yang kami perkirakan akan melemah sebagai hasil dari pandemi coronavirus.

Fitch memperkirakan kinerja bank-bank Indonesia, termasuk BRI, akan memburuk dalam jangka pendek. Pandemi virus corona mengakibatkan pelemahan ekonomi dan aktivitas bisnis akibat gangguan perdagangan, output manufaktur yang lebih rendah, dan berkurangnya kepercayaan dan pengeluaran konsumen. Ini akan memberikan tekanan pada kualitas aset bank, profitabilitas dan pertumbuhan kredit. Alasan inilah yang menyebabkan Fitch merevisi skor lingkungan operasi untuk bank-bank Indonesia menjadi bb+, dari bbb-, awal tahun.

Baca Juga: BRI siap berikan technical assistance untuk Bukopin




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×