kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fajar Surya Wisesa meraih pertumbuhan penjualan 25% tahun lalu


Senin, 19 Maret 2018 / 08:28 WIB
Fajar Surya Wisesa meraih pertumbuhan penjualan 25% tahun lalu


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FASW) mencatatakan pertumbuhan penjualan 25% menjadi Rp 7,3 triliun pada tahun 2017. China menjadi negara tujuan ekspor kertas terbesar Fajar Surya.

Ekspor kertas ke China mengontribusi 15% bagi pendapatan FASW tahun lalu. Permintaan dari China juga mengakibatkan kenaikan volume penjualan sebesar 14% menjadi 1,06 juta ton di tahun lalu. “Permintaan dari China juga mendukung oleh kenaikan rata-rata harga jual sebesar 10%,” kata Marco Hardy Sekretaris Perusahaan FASW ketika dihubungi Kontan.co.id, Senin (19/3).

Pertumbuhan itu berkat penambahan kapasitas produksi kertas sebesar 300.000 ton per tahun, yang sepenuhnya untuk memenuhi permintaan kemasan ringan. Sehingga total kapasitas produksi yang tersedia mencapai 1,3 juta ton per tahun.

“Penambahan ini membantu memperkuat pangsa pasar dalam negeri, dan mendukung ekspor ke China pada pertengahan semeter kedua tahun 2017,” kata Marco.

Selain itu, ia mengatakan pertumbuhan juga ditopang sektor ritel domestik Indonesia dan fast moving consumer goods (FMCG) yang terus berkembang. “Dengan pertumbuhan lebih dari 20% dalam penjualan e-commerce dan pengiriman permintaan, kisaran kertas baru perusahaan ini terbukti ideal untuk digunakan dalam sistem kemasan dan logistik modern,” kata dia.

Marco mengatakan, pertengahan semester pertama tahun lalu harga kertas baik domestik maupun impor meningkat. Namun, pada semester kedua kondisi pasokan pasar internasional berubah, sehingga harga kertas limbah menjadi lebih rendah. “Dengan memanfaatkan kapasitas yang besar kami dapat memenuhi permintaan kertas online secara tepat waktu. Sehingga sepanjang tahun mendapatkan keuntungan dari melemahnya harga kertas internasional,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×