Reporter: Dityasa H Forddanta |
JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) menargetkan jumlah pelanggannya naik 10% dibanding tahun lalu menjadi 45 juta pelanggan tahun ini. Perusahaan melihat target ini tergolong konservatif karena perusahaan sudah tergolong mapan.
"Banyaknya pelanggan bukan merupakan indikator peforma perusahaan. Tapi di satu sisi, pengguna layanan operator menjadi salah satu unsur utama bisnis kami," jelas Hasnul Suhaimin, President Director XL Axiata, Kamis (11/4).
Nah, target pertumbuhan pelanggan EXCL sebenarnya terbilang konservatif. Pasalnya, EXCL merupakan perusahaan yang sudah masuk kategori mature atau mapan jika digambarkan dalam sebuah kurva produksi. Perusahaan yang berada di fase ini sudah sulit berkembang agresif.
Untuk meluaskan basis pelanggan, EXCL berkata akan memberikan layanan internet yang ngebut. EXCL juga mengembangkan layanan tambahanseperti layanan mCloud.
Sekadar gambaran, mCloud merupakan sebuah sistem komputerisasi berbasis internet. EXCL mengklaim mCloud memiliki akses internet yang lebih cepat dibanding jaringan konvensional.
"Layanan ini masih dalam tahap inkubasi," ujar Dian Siswarini, Direktur XL Axiata. EXCL berharap mCloud nantinya menjadi katalisator target pertumbuhan pelanggan.
"Kami masih membutuhkan waktu beradaptasi dengan ekosistem, seperti sinergi dengan partner misalnya. Tentunya, layanan ini juga terus kami komunikasikan kepada pelanggan," pungkas Dian.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News