kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

EUR/USD dalam tekanan isu pelonggaran moneter


Minggu, 16 Juni 2019 / 17:52 WIB
EUR/USD dalam tekanan isu pelonggaran moneter


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meningkatnya tekanan pada ekonomi global, seiring maraknya sentimen negatif yang berkembang, berpotensi memicu terjadinya perlambatan ekonomi global.

Hal ini juga yang memacu bank sentral untuk melonggarkan kebijakan moneter mereka, akibatnya kurs mereka ikut tertekan seperti yang tengah dialami pasangan EUR/USD.

Berdasarkan data Bloomberg pada perdagangan Sabtu (15/6), pasangan EUR/USD terkikis sebanyak 0,60% di level 1,1208. Analis Monex Investindo Futures Faisyal menilai untuk pasangan EUR/USD, ke depannya berpeluang kembali melemah. Hal ini seiring bakal dirilisnya data-data ekonomi yang cukup penting dari kedua negara.

Faisyal menjelaskan rencana kabar mengenai rencana Bank Sentral Eropa (ECB) untuk melonggarkan kebijakan moneternya memberikan pandangan negatif di pasar. Hal itu juga didukung data manufaktur kawasan Eropa yang kurang baik.

Alhasil, untuk kurs EUR sendiri yang diklaim Faisyal sebagai mata uang berisiko, trennya dinilai sedang dalam tekanan turun. Kondisi tersebut, akibat imbas dari kekhawatiran pelambatan ekonomi global.

"EUR kemungkinan ke depannya akan semakin ditinggalkan pasar. Sehingga trennya akan turun lebih lanjut, lantaran masih banyaknya sentimen negatif di sekitarnya," jelas Faisyal kepada Kontan.co.id, Jumat (14/6).

Dengan kecenderungan turun tersebut, dia merekomendasikan aksi sell saat harga masih berada di level tinggi. Ditambah lagi, USD kemungkinan akan melemah seiring rencana The Fed untuk memangkas suku bunga acuannya tahun ini.

Secara teknikal pasangan EUR/USD saat ini berada di bawah moving average (MA) 100 dan MA 200. Berdasarkan indikator MACD berada di area 0,00248, RSI 54,18 sedangkan untuk stochastic berada di area 36,58.

Dengan indikator tersebut, disimpulkan bahwa tren pergerakan pasangan EUR/USD cenderung untuk turun, karena mayoritas indikator menuju arah penurunan tersebut, meskipun MACD terbilang masih berada di area positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×