kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Euforia Pemilu akan menopang permintaan lelang SUN pekan depan


Kamis, 18 April 2019 / 20:48 WIB
Euforia Pemilu akan menopang permintaan lelang SUN pekan depan


Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lelang Surat Utang Negara (SUN) yang berlangsung pada Selasa (23/4) pekan depan dipercaya tetap mendatangkan permintaan yang besar dari para investor. Terlebih lagi, pasar keuangan dalam negeri masih dihinggapi euforia pemilu presiden dan legislatif.

Senior VP & Head of Investment Recapital Asset Management Rio Ariansyah menilai, sejauh ini efek pemilu berdampak positif bagi pasar keuangan Indonesia. Namun, sentimen tersebut masih perlu dipertanyakan, apakah akan terus berpengaruh secara signifikan hingga pekan depan atau tidak.

Pasalnya, proses penghitungan suara masih berlangsung. Belum lagi, terjadi aksi saling klaim kemenangan. Lantas, sebagian investor tampak masih wait and see dan menunggu hasil pemilu yang benar-benar resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Rio melihat, walau sama-sama berdampak positif, sentimen hasil pemilu akan lebih masif pengaruhnya di pasar saham ketimbang pasar obligasi dalam beberapa hari ke depan.

“Ini karena pemilu berdampak langsung ke sektor-sektor saham tertentu, sehingga wajar tadi IHSG sempat melonjak di atas satu persen meski akhirnya turun lagi,” ungkapnya, Kamis (18/4).

Dari situ ia memperkirakan, penawaran yang masuk pada lelang SUN mendatang tidak jauh berbeda dengan lelang sebelumnya. 

Asal tahu saja, pada lelang SUN tanggal 9 April lalu, penawaran yang masuk mencapai Rp 31,84 triliun.

Selain pemilu, posisi yield SUN tenor 10 tahun yang masih di kisaran 7,5% dinilai dapat menjadi pemantik semangat investor untuk mengikuti lelang. Level tersebut dianggap cukup menarik mengingat pasar obligasi masih berpeluang rally di sepanjang kuartal II.

“Antusiasme investor tetap tinggi mumpung yield SUN juga masih berada di level yang tinggi,” kata Rio.

Sementara itu, seri-seri bertenor pendek kemungkinan akan laris-manis di mata investor yang masih berhati-hati menyikapi hasil pemilu.

Namun, bukan mustahil investor seperti itu akan melirik juga seri-seri bertenor panjang di atas 10 tahun. Hanya saja, investor tersebut akan meminta yield yang lebih tinggi dari posisi di pasar sekunder sebagai bentuk kompensasi atas sikap mereka terhadap hasil pemilu.

Sebagai informasi, terdapat tujuh seri SUN yang akan dilelang oleh pemerintah pada Selasa pekan depan. Di antaranya adalah SPN0319072, SPN1220010, FR0077, FR0078, FR0068, FR0079, dan FR0076.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×