kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ETF Bitcoin Akhirnya Direstui, Pahami Keuntungan & Risiko Investasi ETF


Kamis, 11 Januari 2024 / 16:53 WIB
ETF Bitcoin Akhirnya Direstui, Pahami Keuntungan & Risiko Investasi ETF
ILUSTRASI. ETF Bitcoin Akhirnya Direstui, Pahami Keuntungan & Risiko Investasi ETF


Reporter: Adi Wikanto, Syamsul Ashar | Editor: Adi Wikanto

ETF Bitcoin - Jakarta. ETF bitcoin akhirnya mendapat restu dari Otoritas pasar modal Amerika Serikat The US Securities and Exchange Commission (SEC) untuk diperdagangkan. Cermati keuntungan dan risiko investasi ETF secara umum maupun ETF bitcoin.

ETF bitcoin mendapat izin dari SEC setelah berkali-kali mendapat penolakan. Perizinan ETF bitcoin menjadi babak baru dalam dunia investasi maupun crypto curreny atau uang kripto.

SEC resmi mengeluarkan izin untuk perdagangan ETF bitcoin pada Rabu, 10 Januari 2024 waktu setempat. Ketua SEC Gary Gensler, menyebut keputusan ini bertujuan untuk melacak transaksi bitcoin yang terdaftar di Amerika Serikat.

Gensler juga menyatakan langkah ini sebagai sebuah titik balik bagi industri mata uang kripto terbesar di dunia dan industri kripto yang lebih luas.

Menurut pengumuman di situs resmi SEC, Komisi Sekuritas dan Bursa AS menyetujui permohonan perdagangan ETF bitcoin dari beberapa manajer investasi besar, termasuk dari BlackRock, Ark Investments, 21Shares, Fidelity, Invesco, dan VanEck. Beberapa produk ETF bitcoin diperkirakan akan mulai diperdagangkan pada hari ini Kamis (11/1/2023) waktu AS.

Persetujuan ETF bitcoin ini akan menjadi game changer bagi pertumbuhan industri cripto global karena mereka akan bisa menjangkau lebih banyak investor terutama investor institusi, meskipun belakangan ini industri kripto banyak dirundung masalah. Misalnya beberapa penerbit antaranya memiliki catatan keamanan siber yang buruk dan rentan terhadap peretasan.

Industri ini juga mengalami serangkaian kebangkrutan dan skandal, termasuk ledakan bursa kripto FTX, yang pendirinya Sam Bankman-Fried dinyatakan bersalah melakukan penipuan.

Sementara Binance dituduh melanggar undang-undang sekuritas AS. Bursa kripto terbesar di dunia itu baru-baru ini mengaku bersalah karena melanggar undang-undang anti pencucian uang AS. Semua ini terus membuat banyak investor was-was.

Keuntungan investasi ETF dan ETF bitcoin

Sebelum adanya ETF bitcoin, saat ini sudah banyak produk ETF untuk portofolio investasi. Mengutip website Indodax, ETF adalah reksa dana yang kinerjanya merujuk pada indeks tertentu dan diperjualbelikan akan halnya saham di bursa dengan pergerakan yang bisa dicermati.

Investasi ETF dan ETF bitcoin memiliki keuntungan yang berbeda dan bergantung pada preferensi, tujuan, dan toleransi risiko investor.

Berikut ini beberapa keuntungan investasi ETF dan ETF bitcoin yang perlu diketahui:

1. Kemudahan berinvestasi

Secara keseluruhan, kedua jenis investasi ini akan membantu investor untuk memperoleh diversifikasi dalam portofolio mereka dengan cara yang mudah dan relatif terjangkau.

Pada ETF, investor bisa membeli dan menjual unit ETF seperti membeli dan menjual saham. Investor tidak perlu membeli saham individual atau obligasi secara langsung, yang memerlukan penelitian dan analisis yang lebih mendalam serta modal yang lebih besar.

Sedangkan ETF bitcoin memungkinkan investor untuk berinvestasi dalam pasar kripto tanpa perlu membeli dan menyimpan aset kripto secara langsung.

2. Hemat biaya

ETF pada umumnya mempunyai biaya yang lebih rendah ketimbang investasi yang membeli saham individual/obligasi dengan langsung. Biaya tersebut termasuk biaya manajemen, biaya transaksi, dan biaya penyimpanan.

Sedangkan ETF bitcoin pun bisa menawarkan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan membeli dan menyimpan aset kripto secara langsung. Biaya tersebut termasuk biaya jaringan, biaya transaksi, dan biaya penyimpanan yang terkait dengan pengiriman atau penerimaan aset kripto.

3. Diversifikasi portofolio

ETF dan ETF bitcoin memungkinkan investor untuk memperoleh diversifikasi portofolio yang mudah serta terjangkau. ETF akan membantu investor untuk memperoleh akses ke sejumlah saham/obligasi yang berbeda-beda.

Di sisi lain, ETF bitcoin memungkinkan investor untuk berinvestasi dalam pasar kripto tanpa perlu membeli serta menyimpan aset kripto secara langsung.

Risiko investasi ETF dan ETF bitcoin

Investasi ETF dan ETF bitcoin melibatkan risiko tertentu yang perlu dipahami oleh investor sebelum membuat keputusan investasi. Memahami risiko investasi ETF dan ETF bitcoin sangat penting bagi investor.

Dengan memahami risiko investasi pada ETF dan ETF bitcoin, investor bisa membuat keputusan yang lebih cerdas, melindungi modal, dan mengoptimalkan peluang keuntungan.

Berikut sejumlah risiko investasi pada ETF dan ETF bitcoin yang penting diketahui, antara lain:

1. Fluktuasi harga yang tinggi

Baik ETF maupun ETF bitcoin sangat bergantung pada pergerakan pasar serta harga aset yang termasuk di dalamnya. Maka dari itu, fluktuasi harga yang tinggi bisa menimbulkan kerugian bagi investor, utamanya bagi mereka yang berinvestasi dalam jangka pendek.

2. Ketidakpastian regulasi

ETF bitcoin khususnya sangat bergantung pada regulasi pasar kripto yang relatif baru serta berkembang pesat. Regulasi pasar kripto yang belum matang ini bisa membuat investor khawatir akan keamanan serta legalitas investasi mereka.

Di lain sisi, kendati regulasi ETF lebih matang, tetapi tetap masih ada risiko regulasi yang penting diperhatikan oleh investor. Pasalnya, perubahan pada regulasi pasar keuangan/perubahan kebijakan oleh badan pengawas keuangan bisa berdampak pada ETF, khususnya kalau ETF itu mengikuti indeks atau sektor yang terpengaruh oleh perubahan dimaksud.

3. Potensi keamanan dan keamanan teknologi

ETF bitcoin dan aset kripto lainnya rentan akan keamanan teknologi sebab mereka disimpan di jaringan komputer serta bursa yang rentan terhadap serangan cyber. Pencurian atau kebocoran data bisa mengakibatkan kerugian besar bagi investor serta mempengaruhi harga aset kripto.

Sementara itu, ETF pun memiliki risiko keamanan sekalipun agak berbeda dari ETF kripto. Namun, selayaknya ETF bitcoin ETF pun rentan akan risiko keamanan saat terjadinya kebocoran data/pelanggaran keamanan.

Itulah keuntungan dan risiko investasi ETF biasa dengan ETF bitcoin. Sudahkah Anda siap investasi ETF bitcoin?

Selanjutnya: Kondisi Keuangan BPJS Kesehatan Sehat, Dewas Ingatkan Potensi Defisit di 2024

Menarik Dibaca: 20 Ucapan Hari K3 Nasional 2024, Pengingat untuk Mengutamakan Keselamatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×