kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar Menunggu Kebijakan ETF Bitcoin di Pasar Spot, Akun Medsos SEC Sempat Diretas


Rabu, 10 Januari 2024 / 20:21 WIB
Pasar Menunggu Kebijakan ETF Bitcoin di Pasar Spot, Akun Medsos SEC Sempat Diretas
ILUSTRASI. U.S. Securities and Exchange Commission logo and representations of cryptocurrency are seen in this illustration taken June 6, 2023. REUTERS/Dado Ruvic


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manajer Investasi di Amerika Serikat tetap berharap otoritas pasar modal Amerika  The US Securities and Exchange Commission (SEC) akan segera mengizinkan perdagangan reksadana berbasis bitcoin yang bisa diperdagangkan di bursa, atau dikenal dengan Exchange-Traded Funds (ETF) bitcoin di pasar spot. 

Sekadar mengingatkan lagi, ETF atau Exchange-Traded Funds merupakan kontrak investasi kolektif atau sejenis dengan reksadana, yang unit penyertaannya dapat diperdagangkan di bursa efek. 

Namun yang membedakan reksadana dengan ETF adalah jika reksadana bisa dibeli dengan satuan unit aset, sementara pembelian ETF sama dengan saham yakni dengan satuan lot yakni untuk Bursa Efek Indonesia, 1 lot berisi 100 unit.

Harapan manajer Investasi ini setelah munculnya postingan palsu di akun media sosial SEC yang mengatakan bahwa perdagangan ETF tersebut telah disetujui. Postingan palsu itu sempat memicu kebingungan pada hari Selasa.

Otoritas pasar modal Amerika  The US Securities and Exchange Commission (SEC) akan memutuskan boleh atau tidaknya ETF bitcoin diperdagangkan di pasar spot pada hari Rabu. Permohonan tersebut diajukan manajer aset Ark Investments dan 21Shares untuk meluncurkan ETF bitcoin spot. 

Saat ini lebih dari selusin aplikasi ETF bitcoin, termasuk dari BlackRock, Fidelity, dan VanEck. Saat ini mereka juga menunggu keputusan dari otoritas pasar modal Amerika The US Securities and Exchange Commission (SEC) .

Produk ETF diharapkan akan menjadi pengubah permainan bagi bitcoin, menawarkan investor institusi dan ritel eksposur terhadap mata uang kripto terbesar di dunia tanpa secara langsung memegangnya. Selain itu kebijakan ini diharapkan bisa menjadi dorongan besar bagi industri kripto yang saat ini dilanda serangkaian skandal.

Beberapa eksekutif industri mengatakan kepada Reuters awal pekan ini bahwa mereka memperkirakan SEC akan menyetujui produk Ark/21Shares dan banyak produk lainnya. Mereka menolak disebutkan namanya karena diskusi tersebut bersifat pribadi.

SEC belum mengatakan bagaimana peraturannya dan juru bicaranya mengatakan lembaga tersebut tidak dapat mengomentari permohonan tersebut.

Orang dalam industri dan outlet media terkejut pada Selasa malam ketika pihak tak dikenal memposting di akun X SEC bahwa semua produk telah disetujui, membuat para eksekutif berebut untuk mencari tahu apa yang terjadi.

SEC dengan cepat menolak dan menghapus postingan tersebut, dan mengatakan pihak berwenang sedang menyelidiki insiden tersebut.

Pada Selasa malam, beberapa sumber mengatakan mereka tidak memperkirakan peretasan tersebut akan menggagalkan proses tersebut.

Emiten minggu ini mengungkapkan rencana biaya ETF mereka, biasanya merupakan salah satu rincian akhir yang ditetapkan sebelum peluncuran. 

Setidaknya tiga perusahaan telah mengajukan atau bersiap untuk mengajukan permintaan persetujuan SEC untuk meluncurkan produk ETF pada hari Kamis, kata tiga sumber yang menolak disebutkan namanya karena kerahasiaan pembicaraan yang sedang berlangsung dengan regulator.

Josh Gilbert, seorang analis pasar di eToro, mengatakan peretasan pada hari Selasa "tidak diragukan lagi telah mengguncang pasar bitcoin" tetapi semua tandanya menunjukkan bahwa SEC siap untuk menyetujui produk tersebut.

Analis Standard Chartered minggu ini mengatakan ETF dapat menarik $50 miliar hingga $100 miliar pada tahun ini saja, sehingga mendorong harga bitcoin BTC=BTSP setinggi $100,000. Analis lain mengatakan arus masuk akan mendekati $55 miliar dalam lima tahun.

“Ini merupakan hal positif yang sangat besar bagi pelembagaan bitcoin sebagai kelas aset,” kata Andrew Bond, direktur pelaksana dan analis fintech senior di Rosenblatt Securities. “Persetujuan ETF akan semakin melegitimasi bitcoin.”

Bitcoin telah naik lebih dari 70% dalam beberapa bulan terakhir dengan harapan ETF untuk aset tersebut akan disetujui. Harganya melonjak menjadi sekitar $48,000 di postingan palsu, sebelum jatuh di bawah $45,000 beberapa menit kemudian, dan terus berada di sekitar level tersebut pada Selasa malam.

Berisiko Tinggi

Lampu hijau akan menandai perubahan arah bagi SEC, yang selama satu dekade menolak ETF bitcoin karena kekhawatiran mereka akan rentan terhadap manipulasi pasar. 

Ketua SEC Gary Gensler telah lama mengatakan bitcoin bukanlah produk sekuritas dan telah mengambil sikap keras terhadap industri kripto secara keseluruhan, dengan alasan banyak perusahaan yang melanggar undang-undang sekuritas.

Harapan SEC pada akhirnya akan menyetujui ETF bitcoin melonjak tahun lalu setelah pengadilan banding federal memutuskan bahwa lembaga tersebut salah karena menolak permohonan dari Grayscale Investments untuk mengubah Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) yang ada menjadi ETF. Keputusan itu memaksa badan tersebut untuk mengkaji ulang posisinya.

Emiten juga telah mencoba mengatasi masalah manipulasi pasar SEC dengan mengatur Coinbase Global, bursa kripto terbesar di AS, untuk bekerja sama dengan dua bursa terdaftar ETF untuk mengawasi pasar bitcoin yang mendasarinya.

Namun, beberapa pendukung investor telah mendesak SEC untuk tidak memberkati produk tersebut, dengan alasan bahwa bitcoin masih terlalu belum matang. Gensler sendiri pada hari Senin memperingatkan di akun X pribadinya bahwa investasi aset kripto “bisa sangat berisiko.”

Dennis Kelleher, CEO Better Markets, mengatakan tweet palsu pada hari Selasa menyoroti risiko tersebut.

“Ini menunjukkan sekali lagi mengapa bitcoin adalah produk keuangan pilihan para penjahat di seluruh dunia.”

Di pasar harga Bitcoin naik 6,8% menjadi $46,943 pada 21:11 GMT pada hari Senin, menambahkan $2,999 ke penutupan sebelumnya.

Bitcoin, mata uang kripto terbesar dan paling terkenal di dunia, naik 13,2% dari level terendah tahun ini di $41,454 pada 3 Januari.

Ether ETH=BTSP, koin yang terhubung ke jaringan blockchain ethereum, naik 5% menjadi $2,338.6 pada hari Senin, menambahkan $115.8 ke penutupan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×