kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Era suku bunga rendah bisa menggairahkan saham sektor properti dan perbankan


Kamis, 17 Desember 2020 / 20:47 WIB
Era suku bunga rendah bisa menggairahkan saham sektor properti dan perbankan
ILUSTRASI. Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menahan tingkat suku bunga 7-Day Reverse Repo Rate (BI 7DRRR) di level 3,75%.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menahan tingkat suku bunga 7-Day Reverse Repo Rate (BI 7DRRR)  di level 3,75% dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI Desember 2020. Berlanjutnya era suku bunga rendah ini pun bisa menjadi angin segar bagi sektor yang erat kaitannya dengan suku bunga acuan.

Analis Phillip Sekuritas Indonesia Michael Filbery menilai, stimulus-stimulus moneter yang ekspansif akan banyak berpengaruh terhadap kinerja industri properti. Terlebih di era suku bunga rendah saat ini, tentunya akan meningkatkan minat masyarakat terhadap kredit properti atau kepemilikan rumah.

Michael melihat, beberapa emiten yang diuntungkan dari suku bunga rendah ini diantaranya emiten properti yang memiliki portofolio rumah tapak (landed house). Hal ini sejalan dengan preferensi masyarakat Indonesia yang lebih menyukai terhadap kepemilikan landed house dibandingkan tipe hunian lainnya.

Jika ditelusuri lebih jauh, saat ini emiten yang memiliki portofolio produk landed house yaitu PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) dan PT Ciputra Development Tbk ( CTRA). Dus, suku bunga rendah akan mempengaruhi daya beli dari pasar penjualan dua emiten ini, dimana segmen pasar CTRA dan BSDE menyasar kelas menengah bawah (mid-low income) hingga kelas menengah (middle income). “Apalagi CTRA dan BSDE memiliki produk rumah dengan harga rentang Rp 1 miliar-Rp 2 miliar,” ujar Michael, Kamis (17/12).

Baca Juga: Jakarta memperketat PSBB transisi, simak proyeksi IHSG untuk Jumat (18/12)

Lebih lanjut, sentimen stimulus lainnya yang dapat menggerakkan kinerja sektor properti adalah dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang akan ditempatkan pada kredit kepemilikan rumah (KPR) baik yang bersubsidi maupun non-subsidi. Kebijakan ini tentu akan meningkatkan kinerja penjualan properti yang sempat tertekan akibat dampak Covid-19.

Selain sektor properti, lanjut Michael, suku bunga acuan yang rendah juga akan menggairahkan industri perbankan karena dapat meningkatkan permintaan kredit dari segmen korporasi.

Baca Juga: IHSG turun saat BI rate tetap, dana asing masih mengalir ke pasar saham

Segmen bank bank umum kegiatan usaha (BUKU) IV umumnya dinilai lebih cepat dalam menyesuaikan penurunan suku bunga terhadap suku bunga simpanan atau deposito dibandingkan penurunan suku bunga kreditnya. Sehingga, hal ini dapat memperlebar marjin menjadi lebih besar.

Namun risiko yang perlu dicermati yaitu adanya potensi penurunan sumber dana murah seperti dana pihak ketiga (DPK). Hal ini karena ada kecenderungan deposan menarik dana mereka dan memindahkannya ke instrumen investasi lain yang memiliki return lebih tinggi daripada deposito.

Baca Juga: Tren bunga rendah berlanjut 2021, sektor perbankan & properti masih direkomendasikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×