kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.470.000   4.000   0,27%
  • USD/IDR 15.946   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.161   -53,30   -0,74%
  • KOMPAS100 1.094   -8,21   -0,74%
  • LQ45 872   -4,01   -0,46%
  • ISSI 216   -1,82   -0,84%
  • IDX30 446   -1,75   -0,39%
  • IDXHIDIV20 540   0,36   0,07%
  • IDX80 126   -0,84   -0,67%
  • IDXV30 136   0,20   0,15%
  • IDXQ30 149   -0,29   -0,20%

Enam bulan, CTRA bukukan marketing sales Rp 4 T


Kamis, 23 Juli 2015 / 20:57 WIB
Enam bulan, CTRA bukukan marketing sales Rp 4 T


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT Ciputra Development Tbk (CTRA) berhasil mengantongi marketing sales atau pra-penjualan sebesar Rp 4,34 triliun selama semester I 2015. Perolehan ini tumbuh 22,8% jika dibanding dengan periode yang sama tahun lalu sebebesar Rp 3,5 triliun.

Sejatinya, realisasi ini baru 39,8% dari target yang dipatok hingga ujung tahun yakni Rp 10,9 triliun. Namun, CTRA belum berencana pangksa target pra penjualan tahun ini.

Menajemen perusahaan optimistis, target dapat tercapai dengan 12 produk baru yang akan diluncurkan tahun ini. "Dengan proyek-proyek yang akan diluncurkan semerter II target masih akan tercapai," kata Tulus Santoso, Sekretaris perusahaan CTRA pada KONTAN, Kamis (23/7).

Tulus mengatakan, rendahnya realisasi penjualan selama paruh pertama lantaran banyak sentimen negatif yang membayangi sektor properti seperti tingginya suku bunga, perlambatan ekonomi dan lain-lain. Dia berharap, dengan adanya sentimen positif baru yakni pelonggaran LTV dan rencana dibukanya keran kepemilikan properti bagi asing bisa menopang penjualan CTRA hingga akhir tahun.

Sebagian besar marketing sales disumbang dari penjualan apartemen dan office strate yang berkontribusi sebesar 59%. Sementara sisanya berasal dari proyek landed house dan lain-lain. Selain itu, penjualan masih didominasi oleh proyek-proyek Jabodetabek dan Surabaya.

Tahun ini, group Ciputra akan meluncurkan 12 proyek baru dengan investasi sekitar Rp 9 triliun. Lima diantaranya akan dikembangkan CTRA dengan investasi sekitar Rp 2,1 triliun. Proyek tersebut diantaranya Citra Garden Hill Samarinda seluas 58 hektare (ha), citra garden city Malang seluas 50 ha, Citraland Cileungsi berupa kerjasam join venture seluas 82 ha. Selanjutnya, ada proyek mix use di Fatmawati seluas 4,5 ha dengan investasi Rp 1 triliun dan Citraplaza Kemayoran seluas 2 ha dengan investasi Rp 500 miliar.

Empat proyek akan diluncurkan anak usahanya PT Ciputra Surya Tbk (CTRS) diantaranya proyek residential Citraland Lampung seluas 35 ha dengan investasi tanah dan infrastruktur sekitar Rp 1,15 triliun, Citraland Kendari seluas 60 ha dengan investasi Rp 40 miliar, office tower ciputra world Surabaya seluas 20.000 meter persegi (m2) dengan investasi Rp 500 miliar, dan proyek reklamasi Losari Makassar seluas 145 ha Senilai Rp 3,5 triliun.

Tiga selanjutnya akan dikembangkan PT Ciputra Property Tbk (CTRP) yakni Resort The Nivata Bali 6 ha dengan investasi Tahap I Rp 300 miliar, Ascot Service Residence Rp 800 miliar dan Ciputra Internasional Office tower II senilai Rp 500 miliar.

Adapun CTRP telah mengantongi marketing sales Sebesar Rp 960 miliar hingga akhir Juni atau baru sekitar 36% dari target yang dipatok hingga akhir tahun sebesar Rp 2,6 triliun. Ini ditopang oleh penjualan hotel Ascot senilai Rp 800 miliar.Sedangkan CTRS mencatat marketing sales Rp 1,3 triliun atau 46% dari target yang dipatok sebesar Rp 2,8 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×