kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emiten semen masih tertekan harga


Sabtu, 26 Agustus 2017 / 10:10 WIB
Emiten semen masih tertekan harga


Reporter: Nisa Dwiresya Putri | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - Emiten semen masih dihadapkan dengan berlebihnya produksi ketimbang kebutuhan. Imbas dari oversupply ini, harga semen turut tergerus sekitar 8%-10% per tahun. Tapi, di sisa tahun ini beberapa emiten semen masih optimistis bisa mengerek kinerjanya.

Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) Agung Wiharto mengatakan, perusahaannya masih memiliki utilisasi yang tinggi.

Volume penjualan semen SMGR hingga Juli 2017 juga masih tumbuh menjadi 15,26 juta ton, naik 9,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. SMGR yakin bisa mencetak pertumbuhan penjualan sebesar 4% sepanjang tahun ini.

Menurut Agung, kondisi oversupply semen akan lebih banyak berpengaruh pada perusahaan yang utilisasinya masih rendah. "Saat ini yang justru menjadi isu penting adalah adanya perang harga, ujar Agung kepada KONTAN, Jumat (25/8).

Senada, Sekretaris Perusahaan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) Antonius Marcos mengatakan, banyaknya pemain baru juga memanaskan perang harga. Meski demikian, mulai ada kenaikan konsumsi semen pada bulan Juli hingga Agustus.

"Pembangunan beberapa proyek besar sudah mulai berjalan," tutur Antonius. INTP sendiri membidik pertumbuhan penjualan 4%-5% di akhir 2017.

Prospek saham

Robertus Yanuar Hardy, Kepala Riset Reliance Sekuritas Indonesia, dalam risetnya 21 Agustus 2017 lalu, mengatakan, penjualan semen domestik di tujuh bulan pertama tahun ini naik 5%.

Namun, pangsa pasar SMGR dan INTP turun menjadi 70%. Padahal, dalam empat tahun belakangan, kedua emiten itu mampu menguasai 74%-75% pangsa pasar.

Robertus menilai, turunnya pangsa pasar lantaran makin ketatnya persaingan. Hal ini terlihat dari makin agresifnya Semen Jawa, perusahaan anggota Siam Cement Group, dan Conch Cement Indonesia dalam meningkatkan pangsa pasar mereka.

Untuk mempertahankan pasarnya, INTP menerapkan strategi end user program dan meluncurkan brand baru yakni semen Rajawali. Sementara SMGR berupaya menjaga kualitas produk untuk mempertahankan penjualan.

Yuni, Analis NH Korindo Sekuritas, menilai, meski tak banyak ruang gerak di tengah penurunan harga semen, emiten di sektor ini masih punya peluang memperluas pangsa pasar.

Ia mengambil contoh, SMGR mulai melakukan diversifikasi pasar dengan lebih agresif membidik pasar ekspor.

"Tapi, SMGR juga harus mendorong efisiensi untuk memoles kinerjanya," ujar Yuni. Pasalnya, margin laba SMGR pada kuartal dua lalu tergerus cukup dalam.

Analis Binaartha Parama Sekuritas Muhammad Nafan Aji menilai, emiten semen di semester kedua akan terdorong oleh membaiknya sektor konstruksi dan properti.

Turunnya suku bunga acuan akan membuat proyek properti kembali bergairah. Selain itu, belanja pemerintah untuk proyek konstruksi juga lebih tinggi ketimbang semester pertama lalu.

Dari beberapa saham semen, Nafan lebih menyukai saham SMGR. Pasalnya, secara fundamental, penjualan SMGR masih meningkat. Valuasi price earning ratio (PER) SMGR pun masih stabil sebesar 28,8 kali.

Sehingga, Nafan merekomendasikan buy SMGR dengan target harga jangka pendek Rp 10.750. Target harga selanjutnya di Rp 11.075Rp 11.875.

"Saham ini masih dalam keadaan uptrend. Jadi masih menarik untuk dikoleksi," tutur dia.

Di sisi lain, potensi kenaikan harga INTP mulai terbatas. Nafan menyarankan hold dengan level support di Rp 19.000 per saham.

Sementara itu, Yuni menilai pelemahan harga semen masih akan terjadi. Sehingga, ia merekomendasikan hold saham sektor semen sampai harga semen kembali pulih.

Pada perdagangan Jumat (25/8), SMGR ditutup turun 1,63% menjadi Rp 10.575 per saham. Lalu INTP turun 0,76% jadi Rp 19.550 per saham. nbanyaknya pemain baru telah memanaskan perang harga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×